Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 31 Januari 2024 - 14:45 WIB

Tingkatkan Kualitas Pembina Narapidana, Lapas Lamongan Ikuti Bimtek SPPN

Lamongan,Sekilasmedia.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Lamongan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jatim tingkatkan kompetensi dengan mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tentang Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN). Kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan efektivitas dan profesionalisme dalam upaya pembinaan narapidana di lapas, Selasa (30/1).

Sebanyak puluhan petugas Lapas dan Rutan, termasuk satu pegawai dari Lapas Lamongan diikuti oleh Tri Nanda Mandala Putra staf Registrasi ,mengikuti Bimtek yang dilaksanakan di Ruang aula Hotel Mercure Surabaya. Kegiatan ini diinisiasi oleh Kanwil Kemenkumham Jatim melalui Divisi Pemasyarakatan sebagai bentuk upaya terus-menerus dalam meningkatkan pelayanan pembinaan dan perawatan bagi narapidana, sejalan dengan visi pemasyarakatan yang humanis.

BACA JUGA :   Jelang Muskot KONI Kota Malang Memanas, Sutiaji Sampaikan Jika Dana Hibah Tidak Saya Tanda Tangani Ya Selesai

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jatim Heni Yuwono dan dihadiri oleh jajaran pejabat di lingkungan Kemenkumham Jatim.

Pada sesi bimbingan teknis, para petugas Lapas diberikan pemahaman mendalam tentang sistem penilaian pembinaan narapidana yang terkini. Materi-materi yang disampaikan mencakup aspek-aspek kritis seperti penilaian kebutuhan pembinaan, evaluasi perkembangan narapidana, serta penerapan program rehabilitasi yang sesuai dengan standar keamanan dan kebijakan lembaga.

Penyusunan standar dalam SPPN menjadi materi utama dalam pembinaan tersebut.

“Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembinaan dengan pendekatan evidence-based practice,” ucap Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono.

Penilaian pembinaan yang terukur, objektif, dan sistematis dengan SPPN ini akan menjadi terobosan dalam optimalisasi penyelenggaraan pembinaan, sambung Heni.

BACA JUGA :   Persaingan Memanas di Ajang Panggung Sawer Kontes Primadona Pantura 2024

Selain itu Umi Enggarsari, Dosen Filsafat Hukum di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya juga hadir sebagai narasumber.
Umi menjelaskan menurutnya, praktik layanan konseling juga berperan penting dalam mengembalikan semangat hidup para warga binaan.

“Peran konselor di Lapas utamanya membantu narapidana dalam pemecahan berbagai macam permasalahan mereka” jelas Umi.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono berharap Kegiatan Bimtek ini juga dapat menjadi momentum untuk pertukaran pengalaman dan pengetahuan antar petugas Lapas dan Rutan, memperkuat sinergi dalam mencapai tujuan bersama, yaitu memberikan pembinaan yang efektif dan mendukung rehabilitasi narapidana. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

BUPATI BERSAMA ISTRI WAKIL GUBERNUR JATIM HADIRI HAUL AKBAR
Koramil 0816/09 Dampingi Tim Pemasangan Alat Pemanfaatan Kotoran Ternak

Daerah

Koramil 0816/09 Dampingi Tim Pemasangan Alat Pemanfaatan Kotoran Ternak

Daerah

Percepatan Pembangunan Desa Dan Perluasan Lapangan Kerja Jadi Prioritas Musrenbangcam RKPD 2025

Daerah

Aksi Festival Patrol Banyuwangi Memukau Pengunjung

Daerah

Lintas Generasi di Sidoarjo Dukung Sukseskan KTT G20

Daerah

Zoom Meeting Vaksinasi Merdeka Anak Di SDN Kebon Waris 1 Pandaan, Kab.Pasuruan.

Daerah

Munculkan Atlit (GEMA ABW Jatim ) Olahraga E-Sport Berbakat Dari Turnamen Free Fire Offline

Daerah

Juara I Dalam Lomba Bhabinkamtibmas, Brigadir Hendra Kurniawan Siap Maju Berkompetisi Di Tingkat Polda Jateng