Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 8 Februari 2024 - 12:50 WIB

Patroli Terdampak Banjir Tiga Desa di Lamongan

Forkopimcam Turi bersama Pemerintah Desa setempat saat turun melakukan patroli ke lokasi banjir.

Lamongan, Sekilasmedia.com – Intensitas curah hujan cukup tinggi di wilayah Kabupaten Lamongan berakibat banjir dan merendam serta menggenangi ruas jalan, ratusan areal tambak serta ratusan rumah di desa Tambakploso, Pomahanjagan, dan desa Kemlagilor di Kecamatan Turi, Lamongan, Jawa Timur.

 

Banjir akibat luapan air kiriman curah hujan wilayah Lamongan selatan membuat aliran air sungai Kruwul 2 (dua) dan sungai Mengkuli dan sebelumnya sungai Plalangan, tidak dapat menampung derasnya debit air, sehingga meluber di wilayah Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan,” kata Kapolsek Turi Polres Lamongan Iptu Kusnandar. Kamis (8/2/2024).

 

“Berdasarakan data yang kita himpun dari lapangan, dampak akibat banjir tersebut merendam serta menggenangi ruas jalan, ratusan areal tambak serta ratusan rumah dari masing – masing desa tersebut.

BACA JUGA :   11 Rumah Sakit Terancam Tidak Bisa Melayani Pelayanan BPJS Kesehatan

 

Diantaranya, Desa Tambakploso, untuk areal tambak yang tergenang air ± 120 hektar, jalan kampung terendam air ± 1 Km dengan ketinggian air rata² ± 30 cm, jalan poros desa terendam air ± 500 Meter dengan ketinggian air rata² ± 30 cm, serta rumah yang terdampak banjir ± 195 rumah dengan ketinggian air ± 10-30 cm.

 

Desa Pomahanjagan, untuk areal tambak yang tergenang air ± 114 hektar, jalan kampung terendam air ± 0 Km dengan ketinggian air rata² ± 0 cm, jalan poros desa terendam air ± 100 Meter dengan ketinggian air rata² ± 12 cm, serta rumah yang terdampak banjir ± 15 rumah dengan ketinggian air ± 10 cm.

 

Desa Kemlagilor, untuk areal tambak yang tergenang air ± 5 hektar, jalan kampung terendam air ± 0 Km dengan ketinggian air rata² ± 0 cm, jalan poros desa terendam air ± 0 Meter dengan ketinggian air rata² ± 0 cm, serta rumah yang terdampak banjir ± 0 rumah dengan ketinggian air ± 0 cm.

BACA JUGA :   Danrem 082/CPYJ Dampingi Pangdam V/Brw dan Kapolda Jatim dalam Acara Launching SIM Nasional

 

Akibat banjir di wilayah tiga desa ini dengan nihil korban jiwa atau tidak ada korban jiwa,” beber Iptu Kusnandar.

 

Sementara, “Upaya yang dilakukan diantaranya Tim Rekasi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Lamongan melakukan monitoring ketinggian air ke lokasi kejadian serta berkoordinasi dengan unsur jajaran terkait guna menentukan penanganan langkah selanjutnya.

 

Untuk kondisi saat ini debit air berangsur angsur surut dan cuaca berawan,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan, Joko Raharto.

 

Terlibat dalam patroli upaya penanganan banjir ini, TRC BPBD Kabupaten Lamongan, Fokopimcam Kecamatan Turi, jajaran Polsek Turi Polres Lamongan, jajaran Koramil 0812/03 Turi, Pemerintah Desa wilayah bersama warga masyarakat desa masing – masing. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Polres Kudus Meringkus 5 Pelaku Pengeroyokan Yang Ada Di Sebuah Tempat Karaokean

Daerah

Jenguk Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan di RS Saiful Anwar, Kapolda Jatim Ucapkan Permohonan Maaf Atas Tragedi Kanjuruhan

Daerah

Ketum PP Muhammadiyah Sebut Langkah Polisi Tepat Tindak Bahar Smith

Daerah

Penuh Semangat, Anggota Satgas TMMD 116 Kodim 0827/Sumenep Olah Raga Bersama Dengan Masyarakat

Daerah

Hasil Rakor Covid-19 Bangkalan: Penguatan PPKM Mikro di 8 Desa Dari 5 Kecamatan

Daerah

Kedepan, Gubernur Jatim Didampingi Bu Min Ingatkan Tantangan Pengusaha Wanita Terkait Digital Marketing

Daerah

Peduli Dampak Covid-19, Polres Mojokerto Membangun Dapur Umum Terpadu

Daerah

Wali Kota Mojoketo Dapat Penghargaan Lencana Jer Basuki Mawa Beya, Dari Gubernur Jatim