Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 9 Februari 2024 - 13:31 WIB

Polres Lamongan Bahas Etika Dan Tata Cara Berlalu Lintas Serta Keselamatan Perlintasan KA

Lamongan, Sekilasmedia.com – Satuan Lalu Lintas Polres Lamongan mengadakan acara Jumat Curhat yang mengangkat tema penting tentang “Etika dan Tata Cara Berlalu Lintas serta Keselamatan Perlintasan Kereta Api” di Balaidesa Kesambi, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan.

 

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Bidang (Kabid) Angkutan dari Dinas Perhubungan, Bapak Toni, serta sejumlah pejabat kepolisian seperti Kanit Gakkum Ipda Hadi Siswanto, S.H., Kaurmintu Iptu Debbhi S., S.H., dan Kanit Turjawali Ipda Endro Widodo, S.H. Turut hadir pula anggota Satuan Lalu Lintas dan Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan, serta Kepala Desa beserta warga masyarakat dari Desa Kesambi, Pucuk.

 

Dalam acara tersebut, masyarakat mengajukan beberapa pertanyaan yang sangat relevan dengan kondisi lalu lintas dan keselamatan di wilayah mereka. Salah satunya adalah mengenai prosedur pengajuan Surat Izin Mengemudi (SIM), di mana Kepolisian memberikan penjelasan terperinci mengenai syarat dan prosedur yang harus dipenuhi, baik untuk pengajuan baru maupun perpanjangan SIM.

BACA JUGA :   Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Pantura Adakan Rakor Jelang Pengesahan Warga Baru 2023

 

Terkait kecelakaan lalu lintas antara mobil dan sepeda motor, Polisi menjelaskan bahwa penentuan pihak yang bertanggung jawab harus melalui proses pengadilan, dengan prinsipnya mematuhi tata cara berlalu lintas dan aturan yang ada.

 

Mereka juga memaparkan berbagai faktor yang sering menjadi penyebab kecelakaan, mulai dari faktor manusia, kondisi jalan, kendaraan, hingga cuaca, serta bagaimana kedua pihak yang terlibat dapat di mediasi terkait santunan.

 

Untuk keselamatan melintasi perlintasan kereta api tanpa palang pintu, Polisi memberikan tips dan langkah-langkah yang harus dipatuhi, seperti memastikan keadaan aman sebelum menyeberang, mengurangi kecepatan kendaraan, dan memperhatikan situasi sekitar dengan seksama.

BACA JUGA :   Pemkot Probolinggo Jalin Kerjasama ''Laut Tera'' dengan Pengadilan Negeri BERITA TERBARU 01 October 2021

 

Terakhir, terkait laporan kecelakaan yang terlambat, Unit Gakkum Satlantas menyatakan bahwa masih menerima laporan tersebut dengan syarat adanya surat pernyataan terkait keterlambatan pelaporan.

 

Kendaraan yang terlibat kecelakaan juga harus hadir di kantor Unit Gakkum untuk proses verifikasi, termasuk pemeriksaan di rumah sakit dalam rangka pengurusan Jasa Raharja.

 

Acara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan etika berlalu lintas serta prosedur yang harus diikuti dalam menghadapi situasi lalu lintas sehari-hari.

 

Kolaborasi antara pihak kepolisian, pemerintah daerah, dan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bersama dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Lamongan. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Jumat Curhat, Kapolres Gresik Dengar Keluhan Warga Nelayan Pesisir Gresik

Daerah

Gercep, Polisi Mojokerto Beri Pertolongan Lansia yang Sakit di Terminal

Daerah

Bupati Sidoarjo Dampingi Pangdam V Brawijaya

Daerah

Evaluasi Program, Askot PSSI Kota Mojokerto Gelar Kongres Tahunan 2021

Daerah

Dukung Kawasan Industri Berkelanjutan, Bupati Gresik Terima Penghargaan Dari Kementrian Perindustrian

Daerah

Kegiatan sosialisasi ini sabagai upaya untuk menumbuhkan minat masyarakat untuk membuka usaha dan mengembangkan produk UMKM yang ada di Desa Tanjung UMKM di Lokasi TMMD, Dinas Koperasi Sumenep Ajak Warga Buka Usaha Kreatif

Daerah

Pantau dan amankan Penguna Jalan Demi Ketertiban Berlalulintas

Daerah

Terkait Ambrolnya Water Park di Kenjeran,Polres Pelabuhan Tanjung Perak Sudah Tetapkan Tiga Tersangka