Terverifikasi Faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 12 Februari 2024 - 10:40 WIB

Polres Blitar Kota gandeng KPU dan Bawaslu berikan pembekalan personel pengamanan TPS

Blitar, Sekilasmedia.com-Polres Blitar Kota menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu setempat memberikan pembekalan kepada anggotanya yang akan ditugaskan dalam pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilu 2024, Minggu (11/2/2024).

 

Bertempat di Gedung Patriatama, Mapolres Blitar Kota, kegiatan yang diikuti sebanyak 279 anggota pengamanan TPS bertujuan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengamankan jalannya pemungutan suara di 1.577 TPS.

 

TPS-TPS tersebut tersebar di wilayah hukum Polres Blitar Kota, meliputi 3 kecamatan di Kota Blitar dan 6 kecamatan di Kabupaten Blitar. Para petugas akan melakukan pengamanan sebelum hingga sesudah proses pemungutan suara.

 

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo PS menekankan pentingnya profesionalisme dan netralitas para petugas dalam menjalankan tugasnya. Karena itu, ia meminta seluruh personel yang hadi memperhatikan dengan seksama materi pembekalan.

BACA JUGA :   DPRD Tulungagung Gelar Paripurna Tentang Pembahasan Perubahan Propemperda Tahun 2021

 

“Jangan sampai pada saat pelaksanaan terjadi peristiwa yang disebabkan karena ketidaktahuan petugas,” tegasnya.

 

AKBP Danang juga meminta mereka memastikan tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam memberikan hak pilihnya.

 

Pengamanan TPS di wilayah hukum Polres Blitar Kota akan dibantu 60 personel kepolisian dari Polda Jatim.

 

Kegiatan pembekalan ini menghadirkan narasumber dari KPU Kota Blitar dan Bawaslu Kota Blitar. Materinya berupa tata cara pengamanan TPS, termasuk simulasi penanganan situasi genting.

 

Para peserta pembekalan juga mendapatkan pengarahan tentang hak dan kewajiban mereka selama bertugas di TPS.

BACA JUGA :   Disinyalir Belum Kantongi izin, Satpol PP Kabupaten Malang Akan Tindak Tegas PT. Merak Jaya Beton Ampeldento

 

Danang menegaskan bahwa Polres Blitar Kota berkomitmen untuk bersinergi dengan KPU dan Bawaslu dalam menciptakan suasana pemilu yang aman, damai, dan kondusif.

 

AKBP Danang juga mengingatkan seluruh personel yang ditugaskan untuk pengamanan TPS telah mendapatkan hak uang saku dan perlengkapan yang memadai. Ia meminta mereka menggunakannya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

 

Kegiatan pembekalan ini dihadiri oleh Wakapolres Blitar Kota Kompol I Gede Suartika, Divisi Hukum dan SDM KPU Kota Blitar Edi Saputra, Anggota HP2H Bawaslu Kota Blitar Sarwi Suci, pejabat utama Polres Blitar Kota, dan jajaran Polsek di wilayah Polres Blitar Kota. ddg

Share :

Baca Juga

Daerah

Dikabarkan Tutup, Pantai GWD Justeru Ramai Pengunjung

Daerah

Syaiful Anam – Agus Pegang Tongkat Kepemimpinan JMSI Jatim

Daerah

Apel Patroli Gabungan Dalam Rangka Menjelang Milad

Daerah

Kasdim 0827/Sumenep Bersama Forkopimda Ikuti Vidcon Vaksinasi Massal Bersama Presiden RI di Lapas Kelas II B Sumenep

Daerah

Pembukan Diklat Calon Kepala SD,Bupati Mojokerto Jamin Tak Ada Pungutan

Daerah

Gubernur Khofifah Pastikan PSBB Surabaya Raya Diperpanjang Hingga 25 Mei 2020

Daerah

Ratusan Anggota Senkom Mitra Polri Diberi Platihan Tracer Untuk Ikut Jadi Tenaga Tracing Di Daerah

Daerah

Bati Tuud Koramil 0815/05 Gedeg Panen Padi Bersama Poktan Sido Makmur