Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 1 Maret 2024 - 06:54 WIB

Resmikan TPS Terpadu Belahanrejo, Bupati Yani Berharap Pengelolaan Sampah Lebih Efisien dan Efektif

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat meresmikan TPS Terpadu Belahanrejo

Gresik, Sekilasmedia.com – Tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Desa Belahanrejo Kecamatan Kedamean mulai beroperasi, setelah Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meresmikannya pada Kamis (29/2/2024), bertempat di TPST Belahanrejo Desa Belahanrejo Kecamatan Kedamean Gresik.

Dan peresmian TPST Belahanrejo masuk dalam kegiatan rangkaian HUT Pemkab ke-50 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-537, serta hari peduli sampah tanggal
21 Februari 2024.

” Kami pemerintah Kabupaten Gresik dan Dinas Lingkungan Hidup, pada hari ini meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Belahanrejo, yang berada di wilayah selatan. Kapasitas produksi 2,5 ton per jam,” ujarnya.

Disampaikannya bahwa sejak dulu, keberadaan sampah di wilayah selatan menjadi penyumbang sampah ke TPA Ngipik. Di rasa hal ini, tidak efektif sekali karena jarak yang cukup jauh, dan di sisi lain padat penghuni. Bertolak dari hal tersebut, Pemkab Gresik berkomitmen kuat mencoba menangani masalah sampah di wilayah selatan, dengan pembangunan TPST di Belahanrejo.

Selain pembangunan TPST selain di Desa Belahanrejo Kecamatan Kedamean, juga ada di Desa Menganti Kecamatan Menganti, Kecamatan Tambak Bawean dan Desa Sidomukti Kecamatan Bungah.

” Untuk TPST Menganti ada partisipasi 22 desa dengan Bundesma di Kecamatan Menganti membangun hanggarnya, dan pemkab Gresik memberikan mesin RDF dengan kapasitas 1 ton per jam, dan sudah beroperasi. Dan tahun ini, TPST Tambak Bawean akan dibangun hanggarnya begitu juga dengan TPST Sidomukti,” tandasnya.

Bupati Yani berharap agar logistiknya / pengangkutan sampah ke TPST menjadikan biaya logistik lebih efektif dan efisien di desa masing-masing. Dan akan membangun TPST-TPST di titik tertentu.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Achmad Washil Miftahul Rachman mengatakan maksud dan tujuan di sini adalah untuk memperkenalkan fasilitas TPST Belahanrejo tahun 2024 kepada masyarakat dan untuk menumbuhkan kesadaran mengelola sampah, untuk meningkatkan sar penyediaan meningkatkan kinerja pengelolaaan persampahan melalui penyediaan sarana dan prasarana TPST.

” TPST Belahanrejo memiliki lias lahan 1,5 ha dengan luas bangunan 2075,22 meter persegi, kapasitas mesin briket 100 kg per jam. Untuk area pelayanan meliputi 4 kecamatan yaitu Menganti, Kedamean, Wringinanom dan Driyorejo,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan juga penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Gresik dengan PT. Semen Indonesia. Dengan adanya kerja sama ini, olahan RDF yang dihasilkan oleh TPST akan ditampung oleh PT. Semen Indonesia sebagai bahan bakar pembuatan semen.

Hadir dalam peresmian ini di antaranya Direktur Operasi PT. Semen Indonesia Reni Wulandari, SVP Of Production PT. Semen Indonesia Beni Ismanto, General manager of Energy Management PT. Semen Indonesia Otto Andri Priyono. Kemudian, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Gresik, Forkopimcam Kedamean dan AKD Kedamean. (ADV/rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemkab Mojokerto Mencanangkan 19 Kampung KB.

Daerah

Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2023 Berjalan Dengan Sukses

Daerah

Gedung Asrama Terpadu MTsN 2 Ponorogo, di Resmikan Wagub Jatim

Daerah

Raperda P-APBD T.A 2020 Disetujui DPRD Kab. Mojokerto Menjadi Peraturan Daerah

Daerah

Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dalam Mewujudkan Kota Malang Yang Aman, Tertib dan Rukun

Daerah

Menko Airlangga Bersama Menperin Agus Gumiwang Hadiri Groundbreaking PT Smelting Gresik

Daerah

Gelar Wisuda Dan Kreasi Seni SMPN 1 Tanggulangin Angkat Tema “Menjadi Insan Tangguh, Mandiri, Kreatif Dan Bernalar Kritis”

Daerah

Bahas Bidang Sosial, Pendidikan dan Kesehatan DPRD Kabupaten Mojokerto lakukan Kordinasi Dengan DPRD Karanganyar