Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 2 Maret 2024 - 20:22 WIB

Dinkes Kota Malang Berupaya Tekan Kasus Penyakit DBD

Malang, sekilasmedia.com- Dinas Kesehatan Kota Malang terus berupaya menekan angka penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) agar tidak ada korban, dalam memasuki puncak musim penghujan.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, usai mengikuti acara Penyuluhan Gerakan Anti Narkoba Nasional (GANN) Malang Raya, di Gedung MCC Kota Malang, Sabtu (2/3).

 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Dr.Husnul Muarif mengatakan, di tahun 2023 kemarin fiksnya atau puncaknya pada bulan Maret-April pada tahun tersebut ada 502 kasus dengan korban meninggal satu orang.

 

“Belajar dari itu, ditahun 2024 ini sudah kami sebarkan lewat wilayah puskesmas, 16 Puskesmas sebanyak 33 puskesmas posyandu kemudian ada 6000an kader ini supaya bisa tim memberikan sosialisasi terhadap Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),” kata Kadinkes Kota Malang.

 

Menurutnya, PSN sangat efektif didalam mencegah dan menanggulangi DBD, disamping itu jika ada kasus maka akan langsung terjun kebawah untuk penyelidikan dan surve maupun melihat Angka Bebas Jentik (ABJ) untuk dilakukan Fogging atau pengasapan.

 

“Sudah saya sampaikan ke Rumah Sakit untuk menyiapkan segala sesuatunya mengantisipasi rujukan-rujukan baik dari Puskesmas maupun datang sendiri oleh masyarakat dalam kasus DBD,” jelasnya.

 

Selain itu, untuk mengantisipasi dengan Fogging akan dilakukan pembagian Abate ke puskesmas-puskemas melalui tim kepada masyarakat.

 

“Kami membagikan Abate ke Puskesmas atau yang butuh Abate bisa datang ke Puskesmas, Abate akan diberikan ketempat-tempat penampungan air, kamar mandi atau tempat-tempat lain, bagi masyarakat yang membutuhkan Abate juga bisa menyampaikan lewat kader di tiap-tiap RW,” pungkasnya. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Upacara Hari Bhayangkara ke 76 di Lapangan Mapolda Jatim, terpusat secara virtual dari Akpol dengan Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo

Daerah

Plt.Ketua DPRD Kabupaten Malang Apresiasi Kinerja Petani Millenial JIFSI Ngantang

Daerah

Guna Penyusunan Ranperda Inisiatif, Komisi I DPRD Gresik Lakukan Uji Petik Pada BUMDes Dan BUMDesMa

Daerah

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Adakan Workshop Konsep Dasar Literasi PAUD.7

Daerah

Peringati HUT Partai Gerindra Ke 15, DPC Gerindra Kabupaten Blitar Gelar Mancing Gratis di Papungan

Daerah

Bupati Sidoarjo Berupaya Menciptakan Ekosistim Hubungan Indutrial yang Kondusif

Daerah

Personel Koramil 0821/03 Senduro Dukung Pelaksanaan Senam Bersama IGTKI – PGRI Senduro

Daerah

Wakil Bupati Blitar Apresiasi Koarmada II Adakan Serbuan Vaksin Di Blitar