Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Jumat, 8 Maret 2024 - 17:47 WIB

Cegah Penularan, Dinas PKH Kabupaten Pasuruan Percepat Vaksinasi PMK

Pasuruan, sekilasmedia.com– Menindaklanjuti Surat dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur terkait Kewaspadaan Peningkatan Kejadian Penyakit Mulut dan Kuku di Jawa Timur Tahun 2024. Dinas peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Pasuruan Percepat Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dengan tujuan untuk meningkatkan kekebalan ternak dan untuk mencegah penularan penyakit PMK, Jum’at (08/23/24).

 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan drh. Ainur Alfiah melalui Kabid Keswan Dan Kesmavet drh. Panti Absari mengatakan jika Kali ini, Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan melakukan program vaksinasi di wilayah Kecamatan Lekok. Petugas bergerak ke seluruh titik atau peternak sapi dengan melibatkan seluruh tim penanggulangan PMK.

 

“Petugas Kesehatan Hewan (Keswan) dan kesehatan masyarakat Veteriner (Kesmavet) melakukan langkah-langkah strategi dalam pencegahan PMK antar lain : Melakukan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada Peternak, Melakukan Pengobatan dan Penerapan Biosecurity, Melakukan Percepatan Vaksinasi PMK, Melakukan SOP Standar Program Vaksinasi PMK dan Melakukan Vaksinasi terhadap ternak baru,” terangnya.

 

Lebih lanjut panti mengatakan vaksinasi PMK ini akan rutin di lakukan di seluruh wilayah kabupaten Pasuruan, guna mencegah penularan penyakit Mulut dan Kuku ini.

 

“Kami akan inten melakukan vaksinasi dengan menyasar seluruh peternak yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan, dengan tujuan meningkatkan kekebalan ternak dan tentunya untuk mencegah penularan penyakit PMK,” tuturnya.

 

Panti menambahkan, dengan adanya vaksinasi PMK ini, kasus PMK di wilayah Kabupaten Pasuruan khususnya bisa menurun. “Diharapkan dengan vaksinasi ini, dapat menekan laju kasus PMK dan mencegah munculnya kasus-kasus baru khususnya di wilayah Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya. (IL)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pastikan Kebutuhannya Terpenuhi, Habib Hadi Kembali Kunjungi Lansia Sebatang Kara

Daerah

Pemkab Lamongan Fasilitasi Pelaku Usaha Ultramikro (UMKM) Untuk Urus NIB

Daerah

Paripurna DPRD , Dalam Penyampaian Sambutan Bupati Mojokerto

Daerah

Kirab Budaya Wujud Dari Pelestarian Budaya Lokal, Ini Kata Walikota

Daerah

Personel Gabungan Gerebek Balap Liar di Bypass Balongbendo

Daerah

Pastikan Disiplin ASN, Pemkab Sumenep Sidak Sejumlah Kantor Pasca Lebaran

Daerah

Tak Mampu Beroprasi, TPST Tahura Ngurah Rai Ditutup

Daerah

Ketua Praktisi Pariwisata Kota Batu Berharap Perda Desa Wisata Akhir Tahun Rampung