Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / TENTARAKU

Jumat, 8 Maret 2024 - 16:57 WIB

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Babinsa Koramil 0814-04/Gudo Gotong Royong Bersihkan Tempat Pemakaman Umum

Jombang,Sekilasmedia.com Sambut datangnya bulan suci ramadhan, Babinsa dan warga gotong royong melaksanakan kerja bhakti bersihkan tempat pemakaman umum, bertempat di Dusun Mentaos Desa Mentaos Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang.Jum’at (08 Maret 2024).

Kerja Bakti pembersihan makam tersebut sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Mentaos setiap menjelang bulan suci ramadhan,dalam implementasinya sinergi antara Pemerintah Desa segenap warga masyarakat,Babinsa,dan Bhabinkamtibmas.

Secara bergotong royong pembersihan dilakukan dengan mencabut rumput, membersihkan daun dan memotong ranting pohon,serta merapikan jalan yang menuju makam yang tergerus air hujan.

Koptu Sunarno sebagai Babinsa Desa Mentaos menjelaskan,pembersihan makam menyambut datangnya bulan ramadhan,sudah tradisi masyarakat setempat.Dengan tujuan untuk mendapatkan berkah hidup dengan mengingat dan mendoakan para leluhur, selain itu memudahkan para peziarah unuk mencari serta mendoakan makam keluarganya.

“Dengan adanya kerja bakti ini,selain melestarikan adat juga ajang menjalin dan mempererat hubungan warga masyarakat satu sama lain, terwujudnya kekompakan antara Pemdes,Babinsa serta segenap lapisan masyarakat”, tutur Babinsa.

Ditempat terpisah, Danramil 0814-04/Gudo Kapten Arh Subiono mengatakan kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan kebersihan lingkungan harus tetap dijaga bersama, disamping itu kegiatan tersebut merupakan hal positif yang bertujuan membangun masyarakat dalam menumbuhkan semangat gotong royong.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, warga masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal yang harus kita lestarikan yaitu budaya gotong royong,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

TENTARAKU

Sinergisitas Membuat Gapura Selamat Datang Pos Kotis TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0212 /TS

TENTARAKU

Antisipasi Hal Yang Tidak Diinginkan Pasca Kenaikan Harga BBM, Babinsa Koramil 14/Ngoro Pantau SPBU Di Wilayah

TENTARAKU

Program TMMD Berikan Warga Rejeki Tak Terduga

TENTARAKU

Babinsa Koramil 0814-12/Kesamben Berikan Sembako Kepada Warga Kurang Mampu

TENTARAKU

Semangat Kerja Anggota TMMD Ke 111 Di Lapangan

TENTARAKU

Jelang kunjungan Pangdam, Koramil 06/Ploso Berbenah

TENTARAKU

3 Orang Warga Binaan Jalani Rapid Test, Danramil 12/Gurah bersama Muspika Berikan Pendampingan

TENTARAKU

Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 03/TMB Melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan