Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Sabtu, 9 Maret 2024 - 20:13 WIB

Gebyar Becak de IVA dan Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Kota Batu

Batu, sekilasmedia.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batu, Dwi Mardiana Susilawati, mengajak para wanita di Kota Batu untuk melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test, sebagai upaya untuk deteksi awal penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim.

Hal ini diungkapkan Mardiana saat mengikuti kegiatan “Gebyar Becak de IVA atau Bersama Cegah Kanker Leher Rahim dengan IVA” yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Kesehatan, Puskesmas Beji dan Rotary Indonesia. Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Sabtu (9/3), ini merupakan rangkaian dari perayaan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke-52.

“Hari ini, kita tidak hanya berkumpul untuk merayakan kegiatan sosial, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker. Khususnya kanker leher rahim dan payudara, yang menjadi fokus utama program kesehatan kami,” ujar Mardiana.

Dalam kegiatan Gebyar Becak de IVA ini, dilakukan pula “Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Kota Batu” dengan menanam sebanyak 500 bibit cabai di halaman Balai Desa Mojorejo.

Gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dan mengendalikan inflasi ini, bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu.

“Yang kita lakukan hari ini merupakan bagian dari upaya kami dalam mendorong pola hidup sehat dan mengedukasi masyarakat, akan pentingnya konsumsi buah-buahan dan sayuran. Bibit-bibit ini bukan hanya simbol harapan akan masa depan yang lebih baik, tetapi juga investasi dalam kesejahteraan kita bersama,” imbuh Mardiana.

Menurut Mardiana, sebanyak 2.000 bibit cabai telah ditanam secara serentak di seluruh wilayah Kota Batu pada pagi ini.

“Nanti setelah lebaran akan dilaksanakan penanaman lagi. Setelah itu, 2-3 bulan kemudian kita akan melaksanakan panen cabe serentak,” jelas Mardiana.

Bukan hanya itu saja. Dalam kegiatan Gebyar Becak de IVA ini, TP PKK dan BULOG juga menyelenggarakan “Gebyar Pasar Murah PKK” yang menawarkan beras, gula, dan minyak goreng dengan harga murah. Selain itu juga ada beragam makanan lezat yang ditawarkan melalui kegiatan bazar makanan lokal.

“Semoga dengan adanya bazar ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sambil tetap menjaga kesehatan dan kebugaran menjelang Ramadan,” harap Mardiana.

Mardiana berpesan agar masyarakat Kota Batu dapat berkolaborasi dan bersinergi untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan berdaya.

“Bersama-sama, kita bisa memberikan dampak positif yang nyata bagi kesejahteraan kita semua,” pungkas Mardiana.

Diantara tamu dan undangan yang hadir dalam kegiatan ini adalah Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Aditya Prasaja, Camat Junrejo, Dian Saraswati, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Heru Yulianto, Ketua TP PKK Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan se-Kota Batu, Ketua Pokja I, lI, III dan IV Kota, Kecamatan Desa/Kelurahan se-Kota Batu, serta para pengurus TP PKK Kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan se-Kota Batu. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Gelar Akselerasi Vaksinasi serentak se-Indonesia, Kapolri Optimis Target 70 Persen Terwujud

Daerah

Bupati Saksikan Vidcon Gubernur Bersama Forkopimda Terkait Siaga Covid-19

Daerah

Era Digitalisasi, Pak Yes Tekankan Pendekatan Dynamic Governance

Daerah

Peningkatan Kapasitas SDM, Kepala Desa Harus Punya Keterampilan dan Inovasi

Daerah

Rela Kepanasan, Demi Sedekah Air Bersih untuk Masyarakat Terdampak Kekeringan

Daerah

Dukung Penguatan Ketahanan Pangan, Bumdesa Sarirejo Bersama Bupati Ikfina Gelar Panen Raya Perikanan

Daerah

Bripka Purwanto, Sosok Polri Penggerak Cinta Sholawat Kalangan Pelajar dan Remaja 

Daerah

Giat EJGSI 2020, Delapan Rutilahu Dipugar Pemkab Mojokerto