Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Senin, 11 Maret 2024 - 06:16 WIB

Pj Walikota Probolinggo Ingin Spot Tematik Aves di TWSL Dipercantik

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Ramainya pengunjung Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) pada akhir pekan, mengusik Penjabat Wali Kota Nurkholis melakukan sidak kebun binatang mini itu. Minggu pagi (10/3) pria yang hobi sepak bola ini menelusuri setiap jalur TWSL. Ia tertarik untuk menonjolkan spot tematik Aves, selain diperbanyak koleksinya juga dipercantik areanya.

 

Didampingi Kepala DLH Retno Wandansari dan Kepala UPTD IPLH Robeth Fuad Alhadi, mereka awalnya membahas perluasan pintu gerbang TWSL. Nurkholis menyarankan agar posisi pintu masuk lebih nyaman bagi pengunjung.

 

“Posisi pintu masuk harus lapang dengan lebar sekitar 4 meter,  serta tulisan TWSL yang menarik. Paving yang ramah disabilitas dan dikombinasi warnanya, sehingga menambah nilai estetikanya. Diharapkan, kendaraan yang melintas di jalan bisa melihat dari jauh keindahan tampilan depan,”urainya.

 

Sesekali, Nurkholis menyapa pengunjung termasuk anak-anak yang melihat Singa Jantan Sera dan singa betina Jane. Begitu tiba di barisan satwa Aves, ia berswafoto dengan Burung Elang Laut.

 

“Harus ada yang spesifik supaya pengunjung lebih tertarik datang ke sini (TWSL). Karena koleksi yang banyak satwa Aves, maka bisa dijadikan ikon. Ayo, kita segera mencari tambahan koleksi satwa Aves. Sarana edukasi mencintai satwa dengan foto bersama kelompok Aves, juga bakal disukai anak-anak,” ajaknya.

 

Di lokasi terakhir Nurkholis melihat lahan perluasan TWSL sebelah utara, sekitar 2,04 hektare. Ia pun sepakat jika lokasi itu dijadikan lahan wisata petik buah, bisa buah mangga maupun anggur atau yang lainnya. Termasuk jika memungkinkan menembus Pantai Utara bakal semakin menarik.

 

Sementara Kepala DLH Retno Wandansari merespons positif segala masukan kepala daerah itu. Pihaknya akan segera merealisasikan keinginan mempercantik TWSL dengan luas lahan 2,4 hektare itu. Karena jumlah satwa Aves juga lumayan banyak sekitar 270 satwa dengan 80 spesies.

 

Para pengunjung yang hadir sejak bulan  Januari hingga awal bulan Maret tercatat hampir mencapai  8.000 orang. Sudah melebihi target bulanan bonbin mini untuk setor PAD. Namun demikian UPTD IPLH masih berupaya agar bisa terus mendongkrak PAD dan membuat acara yang kreatif, sehingga menarik masyarakat berkunjung ke TWSL. (suyit)

Share :

Baca Juga

Daerah

SEKDA BUKA SOSIALISASI PERPRES NO 16 TAHUN 2018 DI AULA PTPN 12 GUCIALIT

Daerah

Bentuk Herd Immunity, Serbuan Vaksinasi dilaksanakan Kodam V/Brw di Wilayah Korem 082/CPYJ

Daerah

Wajib Pajak Dapat Sosialisasi MRSF

Daerah

Bupati Mojokerto Serahkan BSRS Dan Resmikan BUMDes Bangjozz Desa Bangeran

Daerah

Bersama Gus Muwafiq, Pemkot Mojokerto Gebyar Gema Maulid Kenduri 5000 Layah 

Daerah

Karya Seni Rupa Anak-anak Sanggar DAUN Yang Unik Dan Original Media Tunas Kelapa

Daerah

Bertekad Wujudkan E-Goverment, Ning Ita dan ASN Pemkot Mojokerto Tanda Tangani Komitmen Bersama

Daerah

Koordinasi Persiapan Sholat Idhul Adha Di Masjid Jamik Anas Mahfud Lumajang