Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Senin, 11 Maret 2024 - 06:14 WIB

Waspada Banjir, Pj Nurkholis Pantau Debit Air Sungai Kedunggaleng Probolinggo

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Hujan yang mengguyur Kota Probolinggo pada Sabtu (9/3) siang hingga malam mengakibatkan debit Sungai Kedunggaleng meningkat. Laporan terkait naiknya debit sungai ke level siaga III atau waspada ini didengar oleh Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis. Bersama Kalaksa BPBD Sugito Prasetyo dan Camat Wonoasih Deus Nawandi, Nurkholis bergerak untuk mengecek kondisi di lapangan.

 

“Sore tadi ada laporan kalau debit air sempat naik ke angka 330 dari batas normalnya, seratus. Jadi kami coba mengecek ke sini ternyata Alhamdulillah sudah mulai surut. Tapi tetap dampaknya ada beberapa wilayah kelurahan kita di Kecamatan Wonoasih yang tergenang. Temen-temen ini juga sedang mendata,” kata Nurkholis.

 

Disana, Nurkholis juga berpesan kepada warga sekitar agar tetap waspada terhadap bencana banjir di musim penghujan seperti sekarang ini. “Karena ini namanya bencana tidak terduga, jadi hati-hati semuanya, ya,” pesannya.

 

Imbauan yang sama juga disampaikan oleh Kalaksa Sugito, dirinya menekankan pentingnya kewaspadaan, terutama bagi warga yang tinggal di bantaran sungai Kedunggaleng dan Legundi. Selain hujan yang intens, meningkatnya debit air sungai juga disebabkan oleh air kiriman dari hulu sungai.

 

“Meluap jam 4 sore tadi, tapi kita pantau sejak jam 2 siang sebelumnya. Sungai ini dari wilayah kabupaten, dan ini adalah banjir kiriman dari atas juga. Kita antisipasi early warning, sehingga perkembangan debit air terus bisa termonitor dan tersampaikan ke masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk melakukan langkah mitigasi,” terang mantan Kepala Bagian Umum itu.

 

Pihak-pihak terkait terus memantau dan berkoordinasi untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan mengambil langkah mitigasi yang diperlukan. “Koordinasi dengan kelurahan, kecamatan DPUPR, langsung memposisikan pada titik-titik tertentu untuk menghimbau masyarakat untuk tetap waspada,” tutur Kalaksa. (suyit)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kunjungi Sentra Pembuatan Tape, Mak Rini Harap Potensi Desa Berkembang

Daerah

Kompak, Bhabinkamtibmas Dan Bhabinsa Monitoring Vaksinasi Anak di MI Nurul Hasan Ponorogo

Daerah

Bupati Sidoarjo dampingi Menhan Prabowo Serahkan Kunci dan Sertifikat Rumah Kepada Ahli Waris KRI Nanggala 402

Daerah

Langkah Antisipatif Covid-19 Pemkab Pamekasan Semprot Disinfektan 17 Titik

Daerah

Mancing Bersama Sam Nono Caleg Partai Gerindra Disambut Antusias Warga

Daerah

Deklarasi Damai Aliansi Suporter Sepak Bola Kabupaten Mojokerto, Bentuk Aksi Solidaritas Tragedi Kanjuruhan

Daerah

Pemkot Mojokerto ucapkan selamat kepada Ir.Joko widodo – KH Ma’ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019

Daerah

Sebelum Dititipkan ke LP Labuhan Ruku, 7 Tahanan Polres Asahan Ini Jalani Sweb Rapid Tes Antigen