Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:31 WIB

Amankan Idul Fitri 1445 H, Polres Batu Gelar Rakor Eksternal Ops Ketupat Semeru 2024

Batu,Sekilasmedia.com-Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu, dipimpin Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin menggelar rapat koordinasi (Rakor) Eksternal, di Ruang Rupatama Polres Batu, Kamis (28/3).

Rakor kali ini dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Semeru 2024 yang akan segera dilaksanakan untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 di wilayah hukum Kota Batu yang juga dihadiri oleh seluruh Stake Holder serta elemen masyarakat yang dilibatkan dalam pengamanan Ketupat Semeru.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin mengatakan menurut hasil survei Kementerian Perhubungan RI melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), jumlah pergerakan masyarakat saat musim mudik Lebaran 2024 diprediksi mencapai 193,6 juta orang atau mencapai 71,7% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Sementara itu masyarakat yang akan melaksanakan mudik kurang lebih 16 persen akan bergerak ke Jawa Timur atau kurang lebih 34 juta orang.

“Diprediksi masyarakat Jatim yang akan melaksanakan mudik 31 juta namun demikian yang akan masuk Jatim kurang lebih 34 juta dan pada tahun 2023 kemarin 10 juta orang wisatawan dilaporkan telah masuk ke kota wisata Batu ini,” kata Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin.

Selain itu lanjut Kapolres Batu bahwa Kota Batu akan menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat luar kota yang ingin sekedar melepas lelah setelah beraktivitas bekerja selama beberapa bulan.

Dalam tahun 2024 ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Bpk. Arief As Siddiq sebelumnya di beberapa media, Kota Batu akan menargetkan 12 juta wisatawan untuk memasuki KWB.

“Maka dari itu hari ini kita menggelar Rakor Eksternal ini untuk membuat skema antisipasi pengamanan pada Operasi Ketupat Semeru 2024 yang akan digelar mulai tanggal 3-16 April 2024,” jelas Oskar.

Masih kata Kapolres, pada masa libur lebaran nantinya Kota Batu perlu mendapat perhatian setelah pelaksanaan lebaran karena itu libur panjang mulai tanggal 10-11 idul Fitri.

Kapolres Batu mengungkapkan untuk kuat personel pihaknya akan menyiagakan tak kurang dari 600 orang personel gabungan TNI,Polri Dishub,Satpol PP dan unsur pemerintah serta masyarakat.

“Pasukan kita siapkan itu dinamis bisa bertambah sesuai dengan situasi atau pemetaan kerawanan yang nanti akan kita temukan di lapangan,” terang Kapolres Batu.

AKBP Oskar juga mengatakan Polres Batu juga telah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif dari permasalahan kemacetan yang kerap terjadi, terutama di daerah Jl. IR. Soekarno sampai masuk Kota , yang berdasarkan analisis dan histori sering terjadi penumpukan kendaraan.

“Mengingat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi di liburan nanti, Polres Batu sudah menyiapkan langkah One Way sepanjang Jl. Soekarno sampai Lippo Plaza dengan dikawal oleh anggota Lantas, Arus akan ditarik dari bawah ke atas selama beberapa menit serta menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk memecah kemacetan,” ujar Kapolres.

Menurutnya langkah ini harus dikelola dengan baik, agar dapat berjalan aman dan lancar maka kita harus persiapkan lebih awal.

“Sesuai jadwal dan pergerakan arus lalulintas, kata Kapolres Batu memprediksi arus mudik bakal berlangsung selama 3 hari,” katanya.

Ia memperkirakan akan terjadi pada tanggal 5 hingga 7 Maret 2024, sementara, puncak arus balik puncak arus balik berlangsung selama 2 hari, yakni pada 14 sampai 15 April 2024.

“Untuk sasaran Ops Ketupat Semeru 2024, mulai dari masyarakat yang melaksanakan ibadah, mudik, rekreasi atau liburan, hingga pendistribusian bahan pokok,” terang Kapolres.

Sementara, tempat yang menjadi sasaran adalah jalur arteri, alternatif, lapangan yang digunakan sebagai tempat ibadah, tempat hiburan, rumah makan yang ada disepanjang jalan poros yang berpotensi terjadi kepadatan arus. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Penertiban Warung Remang dan PMKS Jadi Atensi Satpol-PP Kabupaten Mojokerto

Daerah

Berkas Perkara Tipikor Pengadaan Tanah SMAN 3 Batu Dinyatakan Lengkap Oleh JPU

Daerah

Wujudkan Nataru Kondusif, Polres Pasuruan Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin 2023

Daerah

Jalan Bulang Prambon Tahun ini di Beton

Daerah

Memperingati Ruwah Desa Melestarikan Peradaban budaya lokal di gelar Desa Rangka Kidul

Daerah

Ratusan Personel Polres Gresik Jamin Keamanan Hari Raya Idul Adha 2023 /1444 H di Gresik

Daerah

DWP Gelar Seminar Pengetahuan dan Ketrampilan serta Etika Kepribadian Dalam Bermasyarakat

Daerah

Polwan Polres Batu Sosialisasikan Penerimaan Calon Anggota Polri TA 2023 Sambil Berbagi Takjil