Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 29 Maret 2024 - 09:09 WIB

Pasca Gempa Tuban, Legislator ini Desak Pemprov Jatim Segera Tangani Dampaknya

Surabaya,Sekilasmedia.com-Pasca terjadi gempa Tuban yang berdampak hingga ke Pulau Bawean, Anggota DPRD Jatim dari Dapil Gresik-Lamongan, Achmad Iwan Zunaih meminta agar Pemprov Jawa Timur untuk segera menangani dampak gempa bumi yang mengguncang pulau Bawean.
Iwan meminta Pemprov Jatim segera melakukan perbaikan infrastruktur yang rusak akibat gempa. Mengingat banyak fasilitas umum seperti sekolah dan rumah warga di pulau Bawean rusak berat, akibat guncangan gempa.

Politisi asal Partai NasDem itu mengusulkan agar pemerintah daerah membentuk tim khusus yang bertugas untuk mengkoordinasikan dan mempercepat proses perbaikan infrastruktur pasca gempa.

“Pada prinsipnya korban itu telah mengalami banyak hal. Yang pertama secara materi. Yakni perumahan dan mungkin tempat usaha dan lain. Perlu dipikirkan pemerintah,” katanya, Kamis 28 Maret 2028.

Selain melakukan perbaikan infrastuktur, pemerintah juga harus memulihkan kesehatan mental korban pasca gempa. Mengingat banyak warga yang trauma setelah terjadi gempa dan mereka membutuhkan perhatian serius dari pemerintah.

“Secara traumatis korban pasca gempa ngrinya harus dihilanhgkan. Harus dilakukan satu penanganan agar dampaknya tidak mempengaruhi masyarakat,” paparnya.

Dalam penanganan bangunan yang rusak, Pemprov Jatim bisa menggunakan dana cadangan atau on call. Hak ini bertujuan agar warga bisa kembali hidup normal kembali.

“Kami mengimbau maksimalkan dana cadangan dalam rangka mengembaukan kesehagreraan masyarakat pasca gempa,” pungkasnya.

Seperti diketahui Gempa bumi berkekuatan 5,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Tuban, Jawa Timur pada hari Minggu, 26 Maret 2024, pukul 17.00 WIB. Pusat gempa berada di laut, 22 kilometer timur laut Tuban, pada kedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempa terasa cukup kuat di wilayah Tuban dan sekitarnya. Warga panik dan berhamburan keluar rumah. Beberapa bangunan dilaporkan mengalami kerusakan, termasuk rumah, sekolah, dan tempat ibadah.
Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa akibat gempa bumi tersebut. Namun, beberapa orang dilaporkan mengalami luka-luka ringan.

Petugas dari BPBD Kabupaten Tuban dan instansi terkait lainnya masih melakukan pendataan di lapangan untuk mengetahui dampak gempa bumi secara menyeluruh. Tim SAR juga telah diterjunkan untuk membantu mengevakuasi warga yang terjebak di bangunan yang runtuh.(Ud/adv)

Share :

Baca Juga

Daerah

Polda Jateng Rotasi Tiga Kapolres, Kapolda Jateng : “Polri Tulang Punggung Harkamtibmas di Wilayah”

Daerah

Polres Lamongan Berhasil Ungkap Kasus dan Amankan Pelaku Penipuan Online

Daerah

Bhayangkari Polres Gresik Perkuat Silaturahmi Dengan Halal Bihalal

Daerah

Sekda Asahan Terima Kunjungan BSIP Sumut

Daerah

Khansadinah Nahdah Wahyuda Bersyukur Via Anies Baswedan Indonesia Raih Penghargaan Transportasi Dunia

Daerah

Trobosan Baru, Desa Pering Beri Santunan Kematian 

Daerah

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pilkades Gelombang lll 2019 di Pendopo Malang

Daerah

Tim Relawan Drs H Hasan Aminuddin MSI Bagi2 Takjil Di Jalan Raya Jantung Kota Kraksaan