Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Selasa, 2 April 2024 - 04:59 WIB

Di Penghujung Ramadan, Kepala Kemenag Gresik Sampaikan Tausiyah di Pondok Pesantren Refah Islami

Gresik, Sekilasmedia.com – Alhamdulillah telah dilaksanakan kegiatan buka bersama guru dan Karyawan Pondok Pesantren Refah Islami. Kegiatan di penghujung Ramadan ini menjadi momen istimewa.

Pasalnya, Kepala Kemenag Gresik, Dr. KH. Moh. Ersat, M.HI berkenan langsung menghadiri sekaligus menyampaikan tausiyah dalam momen Buka Bersama Guru dan Karyawan Pondok Pesantren Refah Islami sebelum libur lebaran di Masjid Refah Islami, Sukorejo Sidayu Gresik, Senin (1/4/2024).

Mudir Pondok Pesantren Refah Islami K.H. Farid Dhofir, Lc, M.Si menyambut hangat sekaligus mengucapkan selamat datang kepada Kepala Kemenag Gresik, H. Moh. Ersat yang berkenan dan berkesempatan datang dalam kegiatan buka bersama di Pondok Pesantren Refah Islami ini.

“Sungguh, kami sangat berterima kasih kepada Kepala Kemenag Gresik yang sudah menyempatkan hadir di Ponpes Refah Islami. Dan yang terpenting, momen berbuka bersama ini adalah untuk memperkuat tali silaturahmi di keluarga Pondok Pesantren Refah Islami sekaligus menjalin sinergitas dan kolaborasi positif dengan Kemenag Gresik,” ungkap Kiai Muda yang juga penulis buku dan pendakwah ternama ini.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, H. Moh. Ersat menyampaikan tausiyah atau kultum yang memberikan motivasi dan inspirasi kepada para peserta kegiatan. Tausiyah tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai keagamaan serta memperkuat ikatan kebersamaan dan silaturahmi diantara para guru, karyawan, dan keluarga Pondok Pesantren Refah Islami.

H. Moh. Ersat dalam kultumnya menyampaikan bahwa “Siapa pun yang berdekatan dengan orang ahli Al-Qur’an itu mulia. Terlebih pada bulan Ramadan ini. Oleh karena itu, hendaklah kita terus mendekatkan diri kepada Allah SWT, salah satunya (membaca) Al-Qur’an”.

Sejalan dengan itu, Beliau juga bercerita tentang kisah Nabi Musa, di mana Allah menyuruhnya membawa bersamanya makhluk yang ia merasa lebih mulia darinya saat bermunajat di Gunung At-Thur.

Nabi Musa, meskipun memiliki kemuliaan sebagai nabi, tidak berani menganggap dirinya lebih mulia dari makhluk Allah lainnya. Bahkan, ia mengalami penyesalan karena merasa lebih mulia dari seekor anjing yang penyakitnya parah. Allah kemudian mengingatkan Nabi Musa bahwa ketawadhuannya yang sesungguhnya akan menjadikannya mulia di hadapan-Nya.

“Dari pesan ini, kita dapat belajar tentang pentingnya ketawadhu’an dan tidak merasa lebih mulia dari orang lain. Kesombongan hanya akan menghalangi kita dari keberkahan dan kemuliaan di hadapan Allah,” tandasnya.

Kegiatan buka bersama ini juga menjadi momentum untuk mempererat hubungan antara Kemenag Gresik dengan Pondok Pesantren- pondok pesantren yang ada di Kabupaten Gresik serta meningkatkan kolaborasi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pembinaan keagamaan.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh peserta serta menjadi sarana untuk memperkuat keimanan dan kebersamaan dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Gresik Terima Kunjungan Kerja Dirjen Hortikultura Kementan RI Terkait Food Estat
TP PKK Kabupaten Lumajang Dengan Beberapa Instansi Terkait Kunjungi Korban Kebakaran

Daerah

TP PKK Kabupaten Lumajang Dengan Beberapa Instansi Terkait Kunjungi Korban Kebakaran

Daerah

Bupati Minta PNS Sidoarjo Bebas Pungli

Daerah

RESMIKAN GEDUNG LANTAI 3 SD AL-IKHLASH BUPATI TANDATANGANI PRASASTI

Daerah

Operasi Pasar Migor Murah Berlanjut, 1200 Warga Desa Cermen Dapat Harga Murah

Daerah

Banyaknya Usaha Kuliner di Kota Mojokerto, Ning Ita Ingin Ada Sosialisasi Produk Halal Bagi Pengusaha Kuliner

Daerah

Pemkab Gresik Jalin MOU dengan Unusa

Daerah

Gus Ipul datang ke kediaman Khofifah bersama rombongan