Selamat Hari Raya Idul Fitri .

Home / Daerah

Kamis, 4 April 2024 - 11:00 WIB

Patut Dibanggakan, 2 Prestasi Penguatan Kampung KB dan PPD 2024 diraih Pemkot Mojokerto

Pj Walikota Mojokerto Moh Ali Kuncoro saat terima penghargaan

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Dalam waktu yang bersamaan Kota Mojokerto kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Kampung KB Kanjeng Djimat Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon terpilih sebagai pemenang Juara 1 Lomba Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) kategori kota se-Jawa Timur Tahun 2024 dan juga meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dengan juara II se- Jawa Timur, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan lomba Kampung KB digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Jawa Timur. Prestasi ini diraih setelah melalui tahapan seleksi awal pada Februari, dan penilaian lapangan oleh Tim Verivikasi Lapangan yang diketuai Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana BKKBN Jatim Yuni Dwi Tjadikijanto pada Jumat (22/3/2024) silam.

“Alhamdulillah, terima kasih semua atas dedikasinya. Kemarin saya turut menyambut langsung rombongan tim verlap di Pendopo Kantor Kelurahan Surodinawan. Jadi tahu betul, bahwa kebarhasilan ini berkat sinergi nyata dari warga dengan pemerintah, khususnya Dinkes PPKB,” ujar Pj Wali kota Moh. Ali Kuncoro, Rabu (3/4/2024).

“Prestasi ini diharapkan menumbuhkan komitmen semua pihak, baik dari warga maupun OPD, agar bagaimana Pemkot Mojokerto tidak hanya menjadi yang terbaik di tingkat provinsi, tapi juga berjuang di tingkat nasional,” tutur sosok yang akrab disapa Mas Pj ini.

Tidak sekadar ajang lomba, menurut Mas Pj kegitan tersebut sejatinya mendukung upaya untuk menciptakan _high quality human resources_ (sumber daya manusia berkualitas tinggi), yamg siap berkompetisi dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Mengingat, pembentukan Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, melalui optimalisasi penerapan fungsi keluarga untuk menciptakan keluarga yang lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan. Yang mana keberhasilannya akan dilihat dari aspek pengendalian kuantitas penduduk serta kualitas penduduk, yang diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Untuk memastikan hal tersebut, dalam proses penilaian lapangan, tim penilai mengunjungi Rumah Dataku (RDK) yang ada di Kantor Sekretariat Kampung KB Kelurahan Surodinawan, Bina Keluarga Berencana (BKR) di Balai RW 04. Dilanjutkan ke Bina Keluarga Balita (BKB) yang terintegrasi dengan PAUD dan Posyandu di Balai RW 03, serta penilaiam KWT Srikandi Jaya di Lingkungan Ketidur.

“Semoga ini dapat memotivasi 17 kelurahan lainnya untuk menjadi agen perubahan yang berdampak bagi pembangunan Kota Mojokerto di masa depan,”terangnya

Selain itu, lompatan prestasi dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto dengan kembali meraih PPD kota terbaik II Jawa Timur.

PPD merupakan bentuk apresiasi bagi daerah yang telah menyusun perencanaan berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah terbaik.

Penghargaan tersebut diterima oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto M. Ali Kuncoro dari Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas RI Amalia Adininggar Widyasanti dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2025-2045 dan Rencana kerja pembangunan daerah
(RKPD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2025 di Ballroom Shangri La Hotel Surabaya, Rabu (3/4/2024).

“Alhamdulillah, ini lompatan prestasi yang luar biasa, tahun ini Kota Mojokerto kembali mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) kota, bahkan naik menjadi terbaik II Jawa Timur, ini patut kita syukuri bersama,” ungkap Ali Kuncoro.

Sosok yang akrab disapa Mas Pj ini mengatakan bahwa capaian tersebut tak lepas dari komitmen bersama seluruh perangkat daerah di Kota Mojokerto.

“Terima kasih kepada seluruh OPD yang telah memiliki komitmen yang kuat, menyamakan persepsi, bekerja keras sehingga kita bisa mencapai itu semua,” tambahnya.

“Terima kasih juga atas peran Ning Ita, Wali Kota Mojokerto periode 2018 – 2023 yang sukses membawa Kota Mojokerto sampai di titik ini,” ungkap Mas Pj.

Ia berharap capaian ini akan terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan agar senantiasa menjadi lebih baik.

“Kita berharap semoga tahun depaln kita bisa menjadi kota terbaik satu,” pungkasnya.(Wo/adv).

Share :

Baca Juga

Daerah

Koramil Krejengan Hadiri Pelantikan Gerakan Pramuka

Daerah

Konferensi Pers Anev Kamtibmas Tahun 2022 Polres Jombang Ungkap Sebanyak 767 Kasus

Daerah

Peringati Hari Pahlawan, Kapolres Gresik Ingatkan  Covid 19 Belum Berakhir

Daerah

Warga Di Sepanjang Pertigaan Jalan Raya Boboh Terganggu Adanya Debu Batubara

Daerah

Bupati Gresik Tinjau Langsung Kelayakan Gelora Joko Samudro Sebagai Tempat Karantina Pasien Covid-19

Daerah

Polisi Gulung Jambret Sadis di Jalan Bung Tomo

Daerah

Paripurna DPRD Kabupaten Blitar Penyampaian Nota Keuangan Rancangan APBD 2021

Daerah

Pelihara Kemampuan Dasar Prajurit, Kodim 0815/Mojokerto Gelar Latorsar