Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 23 April 2024 - 15:09 WIB

Maraknya Penyebaran Virus DBD, Forkopimda Mojokerto Gelar Fogging Serentak

Mojokerto,Sekilasmedia.com – Beberapa pekan terakhir, sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto sempat terdampak banjir. Polres Mojokerto bekerjasama dengan Pemkab Mojokerto dan Kodim 0815/Mojokerto mulai mengantisipasi potensi munculnya sejumlah penyakit pasca banjir, salah satunya Demam Berdarah Dengue (DBD).

 

Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan fogging serentak di seluruh Kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Selasa (23/4/2024).

 

Seperti yang diketahui bersama, DBD merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang hidup didaerah tropis dan subtropis.

 

Untuk demam berdarah ringan biasanya akan menyebabkan demam tinggi dan gejala seperti flu dan untuk demam berdarah parah bisa menyebabkan pendarahan serius serta penurunan tekanan darah secara tiba-tiba hingga menyebabkan kematian.

 

Sementara itu, Kapolres Mojokerto AKBP Ihram Kustarto menyampaikan, bahwa penyemprotan fogging dilakukan dengan obat yang sudah dianjurkan dan dinilai efektif untuk membunuh nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi faktor utama penyakit DBD.

 

“Kegiatan fogging difokuskan pada area pemukiman warga yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk,” kata AKBP Ihram.

 

Selain itu, Kapolres Mojokerto juga mengingatkan kepada warga, jika fogging hanyalah salah satu langkah pencegahan untuk membunuh nyamuk dewasa. sedangkan untuk telur, larva dan jentik hanya efektif dengan tindakan 3M (Menguras, Menutup dan Mendaur ulang).

 

“Sebaiknya masyarakat juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan pola 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mendaur ulang,” ujar AKBP Ihram.

 

“Cuaca yang tiba-tiba hujan dan panas terik, tidak menutup kemungkinan juga menjadi faktor rentannya penularan penyakit DBD, sehingga kami juga menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mencukupi kebutuhan gizi yang baik, bila perlu juga mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit,” imbuhnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Cegah Tak Meluas, Babinsa Desa Wates Dampingi Nakes Lakukan Tracing Covid 19

Daerah

Ketoprak Sapari Budaya Kesenian Asli Desa Tlogosari Ramaikan Rangkaian Acara Bersih Desa

Daerah

H Machfud terpilih sebagai ketua Asosiasi PSSI Sidoarjo

Daerah

Sasar tempat hiburan malam, Polres Mojokerto Gencarkan Swab Antigen On the Spot

Daerah

Kapolres Blitar Polda Jatim Sambut Kunjungan Murid TK

Daerah

Kapolres Probolinggo Kota Turun Langsung Bagikan Sembako Untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

Daerah

Menyambut libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Bandar Udara Internasional Juanda resmi mengoperasikan Posko Angkutan Udara 

Daerah

Muspika Jabung Bagikan Ratusan Masker Usai Gelar Sosialisasi dan Screening Suhu