Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 24 April 2024 - 16:00 WIB

DPRD Minta Maksimalkan Keberadaan Supplier Lokal Untuk Dongkrak Ekonomi Gresik

Surabaya,Sekilasmedia.com- Anggota Komisi B DPRD Jatim, Ahmad Iwan Zunaih mendesak pelaku ekonomi agar memaksimalkan supplier lokasi Gresik. Mengingat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gresik nampaknya masih melambat. Bahkan di bawah rata-rata. Padahal di Gresik terdapat sektor industri sebagai pendongkrak perekonomian utama.

Iwan menilai di Gresik banyak industri pengolahan, namun realitanya pertumbuhan ekonominya masih kecil.

“Gresik di triwulan akhir 2023 pertimbuhan ekonominya hanya 4,62% masih dibawah rata-rata pertumbuhan ekonomi Jatim yang menyentuh angka 4,95% dan nasional sebesar 5,04%,” ujarnya, Rabu (24/04/2024).

Pria yang akrab dipanggil Gus Iwan tersebut menyayangkan pertumbuhan perekonomian Gresik yang belum maksimal. Mengingat 50% struktur ekonomi di Gresik merupakan industri pengolahan yang sangat potensial.

“Struktur mayoritas perekonomian di Gresik ini kan industri pengolahan, artinya ada bahan yang diolah, seharusnya Gresik mampu untuk memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Gresik, misalnya dengan memberdayakan secara maksimal supplier lokal,” pintanya.

Menurutnya, iklim investasi sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Gresik. Jika iklim investasi di Gresik semakin baik, maka sangat mudah untuk menarik pelaku usaha atau investor.

“Iklim investasi ini diciptakan melalui regulasi yang ramah terhadap investor, lalu SDM yang memadai dan stabil, hal tersebut harus menjadi perhatian dari pihak terkait terutama birokrat setempat,” paparnya.

Gus Iwan mendorong adanya kerjasama yang baik antara birokrat dengan pelaku usaha untuk dapat sama-sama menciptakan perekonomian di Gresik lebih baik lagi dan berkelanjutan.

Politisi asal Partai NasDem itu menilai kerjasama antara birokrat dengan pelaku usaha ini penting. Ia tidak ingin birokrat hanya memanfaatkan investor untuk kepentingan pribadi/kelompok.

“Banyak kasus di daerah, terjadi merosotnya perekonomian karena birokrat dan pelaku usaha tidak dapat bekerjasama untuk memajukan perekonomian daerah, ini yang harus dihindari mengingat modal Gresik untuk jadi daerah dengan ekonomi maju ini banyak,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Wabup Tinjau Evaluasi Penilaian Reformasi Birokrasi Menuju WBK dan WBBM

Daerah

BUNDA PAUD ADAKAN LOMBA BARIS KREATIF SE-KABUPATEN LUMAJANG

Daerah

Askot PSSI Probolinggo Janjikan Pembinaan Usia Dini

Daerah

Sat Lantas Polres Tulungagung Tegaskan Kereta Kelinci Tidak Boleh Beroperasi di Jalan Umum

Daerah

Danramil 0815/12 Bersama Forpimka Dan MWCNU Ngoro Gelar Safari Ramadhan

Daerah

AWPII Sebagai Corong Informasi, Sajikan Berita Edukatif Dengan Narasi Positif.

Daerah

Aplikasi ‘Sicantik’, Cuti ASN Kota Mojokerto Jadi Lebih Mudah

Daerah

Plt Bupati Timbul Lantik 189 Pejabat Fungsional Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah