Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 3 Mei 2024 - 21:15 WIB

Secara Berturut-turut, Pemkot Malang Kembali Raih Opini WTP Ke-13 Dari BPK RI

Malang, sekilasmedia.com – Untuk ke 13 kalinya secara berturut-turut Pemerintah Kota Malang meraih predikat opini WTP Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dalam penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023 tersebut diberikan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Timur, Karyadi yang diterima secara langsung oleh Pj. Walikota Malang, Wahyu Hidayat bersama Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, di Sidoarjo, Kamis (02/04).

Dimana penyerahan LHP secara serentak tersebut juga dihadiri oleh Anggota V BPK RI Ahmadi Noor Supit, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, dan 36 Pemerintah daerah di Jawa Timur lainnya yang berhasil mempertahankan Opini WTP.

Pj Wali kota Malang Wahyu Hidayat bersyukur atas pencapaian pemerintah kota Malang yang berhasil mempertahankan Opini WTP ke-13 kali berturut-turut.

 

“Alhamdulillah, ini tahun ke-13 kita berturut-turut dalam mempertahankan predikat opini WTP. Tentu merupakan capaian yang membanggakan dan berkat kerja keras yang baik dari seluruh elemen di pemkot Malang dalam menyajikan laporan keuangan yang akuntabel serta transparan,” ujarnya.

Wahyu mengatakan predikat ini menjadi komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah sehingga setiap APBD dan setiap rupiah betul-betul terasa manfaatnya oleh masyarakat.

Sejumlah indikator harus dipenuhi guna mempertahankan predikat tersebut. Seperti aspek kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan (adequate disclosure), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI). Predikat WTP sendiri diberikan oleh auditor BPK apabila laporan keuangan entitas yang diperiksa telah menyajikan data secara wajar dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

Wahyu juga mengapresiasi sinergi dari seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam pelaksanaan fungsi pengawasannya.

“Saya ucapkan terima kasih dan ini merupakan apresiasi atas kinerja pengelolaan keuangan Pemkot bersama dengan DPRD, yang tentunya ke depan akan lebih mengeratkan barisan dalam membangun budaya pengelolaan keuangan yang semakin akuntabel dan transparan dalam penggunaan APBD, juga hal pendukung lainnya yang harus terus ditingkatkan,” terangnya.

Wahyu juga berterimakasih atas peran BPK yang senantiasa mendorong kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Terima kasih juga kepada jajaran BPK yang senantiasa membimbing disetiap tahapannya dan kepada kami pemerintah daerah untuk dapat bekerja lebih baik lagi sehingga terciptanya pengelolaan keuangan daerah yang transparan serta akuntabel,” pungkasnya. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kendaraan Hias Provinsi Sumsel Keluar Sebagai Juara Umum Pada Peringatan HUT Dekranas ke-44 Tahun di Solo

Daerah

Giliran Pelajar Kota Mojokerto Mendapatkan Vaksin

Daerah

POLRES LUMAJANG BERSAMA KODIM 0821 DAN FKUB MENGUTUK SERTA TOLAK AKSI TERORISME DAN RADIKALISME

Daerah

Puluhan Orang Tua Hebat Menjalani Wisuda di Desa Kedungmaling
DLH Kota Probolinggo, Gelar Sosialisasi Pemantauan Kualitas Air Sungai ke Puluhan Siswa

Daerah

DLH Kota Probolinggo, Gelar Sosialisasi Pemantauan Kualitas Air Sungai ke Puluhan Siswa

Daerah

Bupati Gresik Bersama Forkopimda Gelar Rakor Penanggulangan PMK Di Kabupaten Gresik

Daerah

Empat Puskesmas Dapat Bantuan Mobil Jenazah Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo

Daerah

GPI Desak Cabut SK Pemberhentian Sekdes Desa Tulungrejo