Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 4 Mei 2024 - 16:56 WIB

Bakesbangpol Kota Malang Gelar Halal Bihalal dan Dialog Bumi Arema Damai di Tahun Politik

Malang,Sekilasmedia.com- Majelis Cangkruan Curvasud Arema bekerjasama Bakesbangpol kota Malang serta menggandeng Universitas IBU (Insan Budi Utomo) dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) mengadakan Halal Bihalal dan dialog.

Bertajuk Peran Aktif Masyarakat Sebagai Langkah Deteksi Dini Menuju Pilkada Damai di Bhumi Arema. Acara ini berlangsung di halaman Universitas IBU kota Malang di jalan Jl. Citandui No.46, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Jumat (3/5) malam. Dengan dihadiri oleh Forkopimda Kota Malang dan perwakilan para komunitas sosial serta mahasiswa.

Dalam sambutannya PJ Walikota Malang dalam sambutannya yang mengatakan bahwa dalam menyambut Pilkada 2024 mendatang di harapkan masyarakat bisa turut serta dalam menjaga kedamaian dan ketentraman di kota Malang.

“Saya merespon dan mengapresiasi sangat positif sekali dengan kegiatan malam hari ini karena menjelang Pilkada di tahun 2024.  Serta diharapkan kepada masyarakat Kota Malang untuk dapat menyalurkan aspirasi suaranya untuk dapat menjadikan kota Malang yang lebih baik lagi,” kata Wahyu Hidayat.

Selain itu menurutnya jika Pilkada merupakan momen penting dalam kehidupan berdemokrasi dan sebagai warga tentu bukan hanya memilih yang dapat dilakukan namun juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan proses berlangsung dengan damai hadir dan berintegritas.

“Saya sampaikan beberapa poin penting, yang pertama marilah kita jaga persatuan dan kesatuan serta hindari segala bentuk provokasi dan ujaran kebencian. Kedua marilah kita gunakan media sosial dengan bijak dan tidak menyebarkan berita bohong atau hoax. Ketiga, marilah kita saling menghormati perbedaan pendapat dan setiap perselisihan diselesaikan dengan cara damai. Keempat, mari kita kuat saling pengertian, kerjasama dan saling menghormati antar umat beragama. Kelima mari kita sebarkan pesan-pesan Damai cinta kasih dan toleransi yang merupakan nilai-nilai universal dari setiap agama dan budaya di bumi Arema,” tuasnya.

Hal senada juga disampaikan Kabid Wasnas dan Penflik, Ade Herawanto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan komitmen Pemkot Malang melalui Bakesbangpol untuk menjaga situasi damai di kota Malang dalam gelaran Pilkada 2024.

“Sekarang momentumnya kita sedang pasca Pemilu dan menjelang tahapan-tahapan Pilkada yang dimulai tanggal 5 Mei besok. Maka sesuai kesepakatan awal dulu, sesuai komitmen bersama dari jajaran yaitu dari Pemkot Malang yang ada di Bakesbangpol dan juga nantinya sudah berkomitmen kita menggelar Pemilu damai. Pilkada juga harus damai, jadi kegiatan silaturahmi ini dikemas dalam konteks menuju pilkada,” jelas pria yang akrab disapa Sam Ade D’cross.

Ditempat yang sama, Kasat Intelkam Polresta Malang Kota Kompol Ferri Dharmawan menyebutkan bahwa Polresta Malang Kota telah memetakan potensi kerawanan yang akan menggangu jalannya Pilkada.

“Ya tentu saja persiapan dari kita dari dini, kita sudah mempersiapkan. Kemudian memetakan terutama calon-calon potensial yang nanti akan maju ke pilwali kemudian kita juga petakan kerawanannya,” terangnya.

Kompol Ferri juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan silaturahmi dan halal bihalal seperti ini, pihak kepolisian mengapresiasi tinggi, karena menurutnya kegiatan semacam inilah yang dibutuhkan untuk menjaga kondusifitas kota Malang.

“Nah seperti yang kegiatan malam ini diadakan, kami sangat mengapresiasi sekali ya, bagaimana di Malang ialah seperti dari Sabang sampai Merauke, ini ada semua di kota Malang. Malang itu benar-benar kesatuan dan ini menjadi modal yang utama dalam menghadapi Pilkada damai. Sekali lagi dengan acara ini kami optimis ke depan kami dari Polresta Malang Kota sekuat tenaga bersama dengan seluruh potensi masyarakatnya kami akan berusaha menjaga Pilkada ini bisa berjalan dengan aman,” pungkasnya. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru, Pemkot Mojokerto Gelar Operasi Pasar Murah

Daerah

Mangkir Dari Panggilan Polda Metro Jaya, Penyidik Periksa Jerink SID di Polres Badung 

Daerah

Gus Yani  Ajak Masyarakat Penyintas Covid Untuk Donor Plasma Konvalasen

Daerah

Kepala BPPSDMP Berharap Percepat Pencapaian Target Program Kerja Pembangunan Pertanian Tahun 2021

Daerah

Pj Bupati Temui Kepala BPN Dorong Percepatan Sertifikasi Aset Milik Pemkab Sidoarjo

Daerah

KMC, Club Motor Berbasis Matic Dari Kediri Yang Taat Hukum Dan Safety Riding

Daerah

Kapolresta Sidoarjo Pimpin Upacara Korps Rapot dan Sertijab Tiga Perwira

Daerah

3 Tahun Mengabdi Bupati Blitar, Dorong Pelayanan Publik Inovatif dan Berbasis Digital