Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 4 Mei 2024 - 06:12 WIB

Launching Pelestarian Gaharu Sebagai Komoditi Unggulan Baru Sumsel 

PALEMBANG, Sekilasmedia.com- Penjabat Gubernur Sumatera Dr.Drs. H. Agus Fatoni., M.Si didampingi Penjabat Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH melakukan Launching Pelestarian pohon gaharu sebagai icon dan pengembangan menjadi komoditi unggulan baru Sumatera Selatan di PT. Gotama Arifsyah Estate di Desa Langkan, Jumat (03/05/2024)

 

Pj. Gubernur Sumatera Dr.Drs. H. Agus Fatoni., M.Si mengatakan Kayu gaharu sejak lama menjadi komoditas dagang dari kerajaan di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya, yang eksis antara abad VII hingga XI masehi di Sumatra Selatan itu, menjadi pengekspor kayu ini sampai ke Arab. Penanaman gaharu tersebut sebagai salah satu upaya pelestarian, karena tanaman yang merupakan hasil hutan yang alami itu, belakangan sudah mulai langka dan bisa terancam punah.

 

“Baunya yang wangi membuatnya menjadi sangat berharga di pasaran. Tanaman aromatik itu sempat dijadikan sebagai salah satu bahan utama pembuatan kosmetik, parfum, hingga obat-obatan. Namun Saat ini masyarakat hanya mengambil gaharu dalam kawasan hutan, tanpa upaya penanaman kembali tanaman yang cukup bernilai ekonomis tersebut. Penanaman gaharu, juga untuk menambah pendapatan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dari penduduk setempat, karena prospek pasar cukup baik”, jelasnya.

 

Pj Gubernur Agus Fatoni juga berharap adanya pendampingan dalam budidaya gaharu ini karena dengan adanya metode yang benar dari hasil pelatihan sekaligus pendampingan membuka harapan petani untuk memanfaatkan potensi Kayu Gaharu tanpa melanggar hukum, termasuk kesempatan menghasilkan nilai tambah tanaman gaharu.

 

“Olahan Kayu Gaharu menjadi produk sangat bernilai jual tinggi seperti teh daun gaharu, kopi gaharu, sabun herbal gaharu, dupa, hiu dan parfum dari ekstrak kayu gaharu yang disuling,” terangnya.

 

Ia juga menjelaskan, pangsa pasar produk turunan Kayu Gaharu tersebut sangat terbuka baik pasar lokal Indonesia, Timur Tengah hingga sampai Eropa.

 

Sementara itu Penjabat Bupati Banyuasin Hani S Rustam Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas terlaksananya Kegiatan Pelestarian Pohon Gaharu sebagai Icon dan Pengembangan menjadi Komoditi Unggulan Baru Sumatera Selatan. Diharapkan dari kegiatan ini agar semua stakeholder dapat secara bersama-sama dalam melindungi dan melestarikan Pohon Gaharu di Sumatera Selatan.

 

“Pohon Gaharu yang ada hendaknya tetap dilestarikan dan dibudidayakan sebagai warisan ekologi masyarakat sebagai bagian dari agrowisata, terpelihara dan tak dirusak atau ditebang. Dengan adanya kesepakatan bersama antara Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Selatan dengan Agarwood World Galery Singapore dapat bermanfaat bagi semua

Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan terkhusus masyarakat Kabupaten Banyuasin

dalam meningkatan perekonomian di Kabupaten Banyuasin dan dengan semakin berkembangnya hutan rakyat dengan Tanaman Gaharu, maka masyarakat akan sejahtera dan hutan atau lingkungan semakin baik”, ujarnya.

( ril)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolsek Sukodadi Berpesan, Maraknya Begal Payudara ,Lebih berhati hati di jalan dan lebih Waspada

Daerah

Presiden Joko Widodo  Kunjungi Pasar Sekip Kota Palembang Cek Harga Bahan Pokok 

Daerah

Forkopimda Sidoarjo Patroli Bersama, Natal 2020 Berlangsung Aman dan Kondusif

Daerah

Kapolres Bondowoso Beri Bantuan Perlengkapan Bayi Yang Baru Ditemukan

Daerah

Kapolres Lamongan Terapkan MANTRA, Arus Balik H+5 Jalur Pantura Lamongan Lancar 
Djunaedi Malik Geram Lantaran Diskominfo Tak Hadir Dalam RDP Jilid III

Daerah

Djunaedi Malik Geram Lantaran Diskominfo Tak Hadir Dalam RDP Jilid III

Daerah

Bersiap Assessment Tahap 1, Diskominfo Ajak Perangkat Daerah Berkomitmen Implementasikan Smart City.2022

Daerah

Menteri PUPR Tinjau Langsung Penanganan Banjir Bandang Kota Batu