Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 4 Mei 2024 - 18:04 WIB

PJ Walikota Malang Lantik 13 Pejabat Fungsional, Administrator dan Pengawas

Malang,Sekilasmedia.com Bertempat di Lantai 4 Mini Blok Office, Kota Malang, Pj Walikota Malang Wahyu Hidayat melantik dan mengambil sumpah jabatan pejabat administrator dan pengawas dilingkungan pemerintah kota Malang, Sabtu (04/05).

Diman sehari sebelumnya, Pj. Wali Kota Malang juga melakukan mutasi dan promosi jabatan sebanyak 96 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Malang menjalani pengukuhan di Islamic Center, Pejabat yang melakukan pengukuhan antara lain jabatan administrator, jabatan pengawas, dan jabatan fungsional. Selain itu dirinya juga mengatakan, selama tujuh bulan mengurus pemerintahan, pihaknya melakukan evaluasi terhadap kinerja ASN.

Pj Wahyu Hidayat menyampaikan bahwa pelantikan itu dilakukan karena melihat kompetensi para ASN di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dinilai tidak sesuai. Sehingga dapat berpengaruh terhadap kinerjanya.

“Kemarin udah saya sampaikan panjang lebar kompetensi directly. Setelah saya tujuh bulan di sini, banyak yang tidak sesuai dengan kompetensi. Nah saya kembalikan sesuai dengan kompetensinya, karena kompetensi roda-roda pemerintahan yang ada di OPD-OPD itu juga akan mempengaruhi kinerja. Kebetulan juga kebutuhan organisasi, banyak yang pensiun ya akhirnya kita isi juga,” jelasnya.

Tentu dalam melakukan mutasi tersebut, telah melewati beberapa proses yang panjang. Yakni mulai dari Tim Penilai Kinerja (TPK) yang melakukan pendataan terlebih dahulu, kemudian dilakukan pengajuan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam prosesnya sendiri pun, menurutnya juga tidak serta merta yang diajukan dapat disetujui.

“Tapi memang ini ada prosesnya dan itu Panjang. Alhamdulillah semua ada persetujuan baik dari BKN maupun Kemendagri sudah turun, nah kemudian ini kita lantik,” katanya.

Pj Wali Kota Wahyu juga menyinggung, terkait dengan pelantikan lurah yang diharuskan mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU), sesuai dengan jabatan dan pangkat yang dimiliki.

Hal ini dilakukan, sebagai bentuk penghargaan terhadap jabatan yang diemban oleh pejabat tersebut serta sebagai bentuk tanggung jawab yang dimiliki.

“Dengan menggunakan PDU, ini kan kelihatan sekali dia punya tanggung jawab, untuk Kepala wilayah ada pangkat, jadi itu memang untuk memberikan tanggung jawab yang besar, yang berbeda dengan pejabat-pejabat lainnya karena mereka punya wilayah,” terang Wahyu Hidayat.

Kedepan, Pj menyebutkan bahwa penilaian dan evaluasi akan terus dilakukan dengan harapan setiap OPD bisa semakin baik dalam menjalankan fungsi dan tugasnya.

“Nanti kita tiga bulan yang ketiga kita akan evaluasi lagi. Tetapi evaluasi yang triwulan kedua kemarin luar biasa. Ini teman-teman OPD pada saat kami mempresentasikan di depan Pak Presiden dinilai sangat baik, malah evaluatornya sampaikan, baru kali ini memberikan nilai sempurna kepada seorang pejabat. Mudah-mudahan triwulan ketiga kita bisa meningkat lagi,” pungkasnya.

Dalam acara pelantikan tersebut dihadiri oleh 13 Aparatur Sipil Negara (ASN), Sekda kota Malang Erik Setyo Santoso, Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Widjaja Saleh Putra, Kepala Satpol PP Kota Malang Heru Mulyono dan beberapa Kepala OPD serta beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah kota Malang. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Peringati Hari Jadi Asahan Dan Sambut Bulan Suci Ramadhan, Pemkab Asahan Laksanakan Tabligh Akbar

Daerah

BUPATI DAN WABUP KUNJUNGI KELURAHAN JOGOYUDAN UNTUK SERAP ASPIRASI LANGSUNG KEPADA MASYARAT

Daerah

Safari Ramadhan Hari ke 15 , Kapolres Batu Bersama Ulama Tingkatkan Ukhuwah islamiah

Daerah

Jalin Kerja Sama Internasional, PPP Gresik Dan Partai Islam Se-Malaysia (PAS) Optimis Sambut Pemilu

Daerah

DPD Apersi Jawa Timur Gelar Raperda 2021 di Kota Batu

Daerah

Poros Pagi Di Depan Sekolah SDN 1 Pasirian, Anggota Polsek Pasirian Bantu Penyeberangan Anak-anak Sekolah

Daerah

Persiapan Porprov 2025, KONI Kota Malang Gelar Workshop Penguatan Cabor

Daerah

DPRD Kabupaten Blitar Hadiri Sosialisasi Peraturan Daerah No. 13 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Petani di Kecamatan Kesamben