Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 6 Mei 2024 - 17:52 WIB

Pemprov Sumsel Serahkan 1.000 Sertifikat Halal Kepada Pelaku Usaha UMKM. 

PALEMBANG, Sekilasmedia.com Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel, Ir. SA Supriono melaunching Gebyar 1.000 Sertifikat Halal Self Declare 2024 serta membagikannya kepada 1.000 Pelaku UMKM di Provinsi Sumsel yang dilaksanakan di Griya Agung Senin, (06/05/2024)

 

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Dr. Yulius, MA secara virtual. Dimana dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi dan kerjasama yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumsel serta seluruh pihak yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

 

Sedangkan Bank Sumsel Babel terus mendorong perkembangan ekonomi syariah. Salah satunya dengan memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki sertifikat halal.

ADVERTISEMENT

 

Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin, mengatakan ekonomi syariah merupakan salah satu sektor potensial yang terus berkembang dan dapat menjadi penggerak ekonomi nasional.

 

“Salah satu pendorong ekonomi syariah yaitu di sektor UMKM,” katanya usai kegiatan Gebyar 1.000 Sertifikat Halal Self Declare 2024 di Palembang.

 

Achmad Syamsudin, menyebut penguatan ekonomi syariah dalam mendukung pembangunan ekonomi nasional dapat dilaksanakan dalam bentuk penguatan ekosistem industri halal. Utamanya makanan minuman, fesyen muslim, industri kosmetik dan obat-obatan, pariwisata dan ekonomi kreatif, yang mencakup bahan baku halal, penguatan rantai nilai industri, kewirausahaan dan UMKM industri halal.

 

“Jaminan penyelenggaraan produk halal bertujuan memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat,” kata Achmad Syamsudin.

 

“Tak kalah pentingnya juga dapat meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal,” sambungnya.

Bank Sumsel Babel terus mendorong pelaku usaha UMKM untuk dapat mendapatkan sertifikasi halal bagi produk yang dimiliki. Kemudian, agar program itu cepat tercapai Bank Sumsel Babel melalui Unit Usaha Syariah ikut serta mendorong dengan memberikan kemudahan dengan mendorong UMKM melengkapi persyaratan untuk nantinya di proses pihak pendamping proses produk halal yang telah bermitra dengan Bank Sumsel Babel.

“Kesempatan ini juga terbuka bagi UMKM lain yang belum menjadi nasabah Bank Sumsel Babel, ikut dalam program sertifikasi halal sekaligus dapat menikmati fasilitas penambahan modal usaha melalui KUR syariah,” katanya.

(ril)

Share :

Baca Juga

Daerah

WABUP BUKA KONSULTASI PUBLIK RPJMD DIRUANG NARAYANA KIRANA LANTAI III

Daerah

Polda Bali Amankan Side Event dan Sherpa Track G-20

Daerah

Polresta Sidoarjo Gelar Jumat Curhat dan Bantu Pembangunan Masjid. 

Daerah

Ribuan Umat Muslim di Polres Jombang Doakan Pilkades Aman Dan Damai

Daerah

Melalui Kompetisi Robotika, Empat Pelajar Harumkan Nama Kota Mojokerto
Rapat Pengajuan PTSL Untuk Kurangi Sengketa Tanah

Daerah

Rapat Pengajuan PTSL Untuk Kurangi Sengketa Tanah

Daerah

Bupati Asahan hadir Pelantikan Dan Upgrading HMI 

Daerah

DPD LSM LIRA Probolinggo dan tokoh masyarakat Tengger Angkat Bicara Terkait Event Bromo Adventure Trail