Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 9 Mei 2024 - 14:35 WIB

Pemkab Mojokerto Suguhkan 731 Tumpeng, Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto

 Mojokerto,Sekilasmedia.com РMenjelang peringatan Hari Jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar kenduri dengan menyuguhkan 731 tumpeng.

Kenduri tumpeng yang dipusatkan di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) tersebut, juga dilaksanakan secara daring di 18 kantor kecamatan, setiap kantor Organisasi Perangkat Derah (OPD), RSUD, serta BUMD milik Pemkab Mojokerto. Kenduri di kantor kecamatan pun melibatkan 299 kepala desa, 5 lurah, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Selain itu, pada pelaksanaan kenduri ini juga turut dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, para staf ahli bupati, para asisten Sekda, para kepala bagian, pimpinan Bank Jatim Mojokerto, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto.

Tak lupa, Bupati Ikfina juga menyapa beberapa kecamatan yang bergabung secara daring mulai dari Kecamatan Pungging, Kecamatan Kutorejo, Kecamatan Dawarblandong, Kecamatan Trowulan, serta Kecamatan Mojosari.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh perangkat yang telah hadir dan turut serta menyukseskan kenduri tumpeng yang menjadi rangkaian dari HUT Kabupaten Mojokerto.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan ini merupakan bagian dari bagaimana kita ini membuat seluruh elemen merasa ikut merayakan HUT Kabupaten Mojokerto. Karena 299 desa dan 5 kelurahan ikut berpartisipasi ikut kenduri, mengeluarkan tumpeng dan berdoa bersama sehingga kita merasakan bahwa HUT Kabupaten Mojokerto ini adalah HUT kita semuanya,” ucap Bupati Ikfina, Rabu, (8/5) malam.

Lebih lanjut, pada pelaksanaan kenduri tumpeng Bupati Ikfina juga menjelaskan terdapat dua tumpeng yang melambangkan perwujudan persatuan dan kemakmuran untuk seluruh masyarakat Bumi Majapahit.

“Satu tumpeng persatuan dan satunya tumpeng kemakmuran. Dimana tumpeng persatuan ini melambangkan satu ikatan dari berbagai elemen dan ikatan itu diwujudkan dengan adanya beras ketan. Sedangkan tumpeng kemakmuran, berwarna kuning keemasan menunjukkan bahwa apa yang kita ikhtiarkan dengan persatuan dan kesatuan adalah kemakmuran untuk kita semuanya,” ungkapnya.

Bupati Ikfina juga mengatakan, bahwa pelaksanaan kenduri 731 tumpeng ini juga sebagai wujud syukur atas apa yang telah diperjuangkan oleh para leluhur sehingga Kabupaten Mojokerto mendapat keberkahan seperti sekarang ini.

“Ini perlu kita syukuri bahwa sampai sejauh ini kita menikmati perjuangan dari leluhur kita, yang mengupayakan bagaimana kita bisa berada dalam posisi yang serba berkecukupan dan dengan berbagai keberkahan. Maka malam ini kita akan berdoa bersama kita mensyukuri semua nikmat yang telah Allah SWT kepada kita semuanya,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Ia juga mengharapkan seluruh masyarakat di Bumi Majapahit dapat menjaga persaudaraan dan persatuan antar sesama, sehingga dapat terciptanya suatu kemakmuran untuk Kabupaten Mojokerto.

“Mudah-mudahan nilai-nilai luhur yang sudah diwariskan kepada kita semuanya bisa kita jaga dengan baik, kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan berbagai upaya untuk betul-betul bisa meningkatkan kemakmuran bisa kita laksanakan dan kerjakan bersama,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Ngeri ! Sanksi Sosial Pelanggar PSBB Tahap Dua di Sidoarjo Ikut Bantu Pemakaman Covid-19

Daerah

Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-95, Wakapolres Pasuruan Pimpin Upacara

Daerah

Meresahkan, Kaki Begal Motor Mahasiswi Ditembak

Daerah

keseruan Vaksinasi Berhadiah Di Singgah Sawah Balongbendo

Daerah

Warga Gresik Kota Antusias Vaksin di Puskesmas Kebomas dan Gending

Daerah

Pengakses Chatbot Covid-19 Milik Pemprov Jatim Membeludak

Daerah

Walikota Blitar Cek Toko Dan Agen, Pastikan Stok Minyak Goreng Aman Selama Ramadhan

Daerah

AKIP Pemkab Malang Bertahan di Nilai BB