Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024 - 21:43 WIB

Bupati Ikfina Gencarkan Progam Santika, Kenalkan Layanan Kesehatan Dan Elemen Medis

 Mojokerto,Sekilasmedia.com – Dalam rangka memperkenalkan pelayanan kesehatan dan elemen-elemen medis kepada anak usia dini, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menggelar program Sabtu Sehat di Puskesmas bersama anak TK (Santika). Kali ini, Program yang digagas oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto tersebut, berlangsung di Puskesmas Kupang, pada Sabtu (11/5) pagi.

Diikuti sedikitnya 67 siswa/siswi dari TK Darul Ulum Desa Ngabar, Kecamatan Jetis. Pelaksanaan program Santika yang diawali dengan senam sehat itu, diharapkan anak usia dini dapat mengetahui apa saja yang ada didalam puskesmas serta menghilangkan rasa takut pada anak-anak usia dini untuk pergi berobat.

“Tujuan kita ini yaitu untuk mengenalkan kepada anak-anak semuanya pada pelayanan dan seluruh Nakes yang melayani di puskesmas khususnya hari ini di puskesmas kupang. supaya anak-anak kita tidak takut Nakes dan ketika diperiksa (berobat),” jelas Bupati Ikfina.

Selain itu, pada pelaksanaan program Santika, Bupati Ikfina juga mengajak para siswa berkeliling area puskesmas untuk memperkenalkan jajaran profesi tenaga kesehatan (nakes) seperti dokter, perawat, bidan, ahli gizi, laboratorium, hingga jenis-jenis obat yang tersedia juga turut dikenalkan.

“Di puskesmas kupang ada 3 Dokter Umum Dan 1 Dokter Gigi Biasanya ada 2 dokter saja. Selain dokter ada juga perawat dan bidan,” jelasnya.

Diakhir arahannya, Bupati Ikfina juga menjelaskan, bahwa program Santika merupakan bagian dari gerakan memasyarakatkan Hidup Sehat (Germas), sehingga Ia juga mengimbau agar masyarakat dapat menerapkan pola hidup sehat.

“Acara ini menjadi bagian dari Gerakan Memasyarakatkan Hidup Sehat (Germas). Jadi ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam memasyarakatkan hidup sehat yaitu melakukan aktivitas fisik,
mengkonsumsi buah dan sayur,
tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban,” pungkasnya.

Pada Acara Santika turut dihadiri oleh Bupati Mojokerto, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr. Ulum Rokhmat, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Ludfy Ariyono, jajaran Forkopimca Jetis, Kepala UPTD Puskesmas Kupang, Bunda Paud desa wilayah Kupang, Ketua IGTKI Jetis, Ketua Himpaudi Kecamatan Jetis, serta Guru dan Wali murid.

Share :

Baca Juga

Samsat Gresik Tingkatkan Kinerja Pelayanan Prima Pada Wajib Pajak

Daerah

Samsat Gresik Tingkatkan Kinerja Pelayanan Prima Pada Wajib Pajak

Daerah

Bupati Klungkung, Harapkan Pelabuhan Segitiga Emas Terwujud

Daerah

*Komsos Danpos Ramil Mojoanyar Hadiri Pengajian Umum Dusun Babatan*

Daerah

Haul Akbar dan Bersih Desa Bohar

Daerah

Olah Raga Panjat Tebing Taekwondo Dan Menembak Rencana Masuk DBON

Daerah

Sebagai Ajang Curhat, Kapolres Pasuruan Menggelar Jum’at Curhat Bersama Masyarakat

Daerah

Gegara Mau Hutang Tidak dikasih Berujung Pembacokkan

Daerah

Forkopimda Lumajang Salurkan Bantuan 19.681 Sak Beras Kepada Masyarakat Terdampak PPKM