Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Nasional

Sabtu, 11 Mei 2024 - 21:48 WIB

Pj. Gubernur Sumsel Agus Fatoni Dorong Pengembalian Status Internasional Bandara Sultan Mahmud Badaruddin

JAKARTA, Sekilasmedia.com-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melakukan sejumlah upaya guna mengembalikan status Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang kembali menjadi Bandara Internasional. Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Sumsel Agus Fatoni terus.

“Ada 17 bandara di Indonesia yang statusnya menjadi bandara domestik, salah satunya di Palembang Sumatera Selatan. Memang ini kewenangan Kementerian Perhubungan yang penetapan dan pengumuman, tentu dengan kriteria yang sudah ditentukan,” ucap Fatoni dalam keterangan resmi Sabtu (11/5/2024).

Pj. Gubernur Sumsel Fatoni mengatakan meskipun status Bandara SMB II Palembang telah dicabut dari internasional menjadi domestik namun dia meyakini statusnya akan kembali menjadi Bandara Internasional.

“Namun kita pemerintah daerah punya peluang untuk berupaya Saya berjanji kita akan berupaya terus untuk bisa meningkatkan status bandara ini,” kata Fatoni.

Fatoni mengatakan sejumlah upaya telah dilakukan. Pada awal tahun 2024 lalu pihaknya sudah melayangkan surat resmi kepada Menteri Perhubungan untuk menambah penerbangan internasional.

“Saat awal tahun lalu bahkan saya sudah tersebar secara resmi Kepada Menteri Perhubungan untuk menambah internasional itu ke Malaysia dan Singapura. Kami juga meminta tambahan beberapa penerbangan domestik yang masuk ke Bali kemudian ke Semarang ke beberapa kota lain,” ucap Fatoni.

Fatoni juga telah menyampaikan hal tersebut sebanyak tiga kali kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara langsung. Hal ini tentunya bersamaan dengan pembahasan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan beberapa waktu lalu.

“Sudah kami sampaikan bukan hanya surat, tapi saya juga sudah tiga kali bertemu Menteri Perhubungan , bahkan kami juga pernah rapat lengkap pada saat itu saat membahas bandara Gatot Subroto Way Kanan, itu kami juga membahas upaya-upaya ini sudah kita lakukan,” jelasnya.

Kita akan nanti akan kita maksimalkan lagi, kami sampaikan juga telah diadakan rapat yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 29 April. Mengundang berbagai stakeholder yang ada lengkap termasuk dari pemerintah daerah dan DPRD,” jelasnya.

( ril/red)

Share :

Baca Juga

Nasional

Pakar Hukum Sebut Kerumunan di Maumere Spontan, Tak Ada Unsur Pidana

Nasional

Kunker Wakapolri dan Irwasum di Jatim. Wakapolri: Terima kasih di Jawa Timur Vaksinasi Anak Sudah Sangat Baik.

Nasional

Lomba Produk Pangan, Bupati Mojokerto Tekankan Cegah Krisis Pangan Dengan Pemanfaatan Lahan Tanam

Nasional

Penyebab Kejahatan Kerah Putih, Elaborasi Terhadap Kasus-Kasus Kejahatan Finansial di Indonesia

Nasional

Cegah Omicron Lewat PPLN, Kapolri Pastikan Prokes dan Karantina di PLBN Entikong

Nasional

Menpora Sambangi Kapolri Bahas Kegiatan Olahraga Dan Kepemudaan

Daerah

Polri Gelar Operasi Kemanusiaan Aman Nusa II Tanggulangi Erupsi Gunung Semeru 

Nasional

Datangkan Pengajar dari Inggris, Kapolri Komitmen Perbaiki Manajemen Kompetisi Sepak Bola