Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 17 Mei 2024 - 07:03 WIB

Bupati Blitar Berangkatkan Mobilisasi Jagung untuk Peternak

Blitar,Sekilasmedia.com-Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah menghadiri kegiatan serah terima Mobilisasi Jagung Petani dari Kabupaten Bima, NTB untuk peternak di Blitar, Kediri, Tulungagung dan Trenggalek yang difasilitasi oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI bertempat di Pendopo Sasana Adi Praja Kabupaten Blitar. Kamis (16/5/2024).

Pada acara ini Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar Eko Susanto melaporkan populasi ternak ayam buras di Kabupaten Blitar Tahun 2023 sebanyak 2.342.156 ton, ayam petelur 15.926.411 ton dengan hasil produksi daging sebasar 2,9 juta ton, sedangkan Ayam Buras mencapai 1,3 ton.

Sedangkan hasil produksi telur dari Ayam Buras 1,3 juta kg, dan dari Ayam Ras sebesar 141 juta kg. Hasil produksi jagung di Kabupaten Blitar berdasarkan data tahun 2023 sebesar 244.588 ton. Sedangkan kebutuhan peternak dalam sehari sekitar 900 ton per hari.

Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Bapanas RI dan Pemerintah Kabupaten Bima, NTB yang telah membantu kerjasama dalam pengadaan jagung bagi para peternak di Kabupaten Blitar. Ini juga merupakan bukti bahwa negara hadir untuk para peternak ayam. Saat ini telah didistribusikan jagung sebanyak 73.927 kg dari Kabupaten Bima.

“Untuk itu saya berharap, jagung ini dapat didistribusikan dengan baik dan dimanfaatkan secara optimal guna memenuhi kebutuhan peternak. Dan kedepan kita tetap bisa menjalin kerjasama dengan Bima, kita membantu menyerap jagung dari sana yang saat ini ada panen raya jagung.” ujar Mak Rini.

Pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung para petani jagung dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraannya dengan melalui berbagai program, seperti penyediaan pupuk bersubsidi, bantuan benih unggul, dan pembangunan infrastruktur pertanian. Serta peran strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional yang berkelanjutan.

Acara serah terima ini dihadiri oleh Direktur Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Bapanas RI, Sekretaris Daerah, Kepala OPD serta perwakilan asosiasi peternak. (Adv/kmf/ddg)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemkab Sidoarjo Salurkan Bantuan Sembako dan Uang 900 Juta Untuk Korban Gempa Palu dan Donggala

Daerah

Dispendik Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan UN SMP/MTs, Paket B dan C

Daerah

Forkopimda Jatim Ikuti Parade Bedug di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Daerah

APBD Lamongan Tahun 2023 Disetujui, Industri Pangan Menjadi Kunci Hadapi Krisis Global

Daerah

Polres Blitar Bagikan Daging Qurban kepada Masyarakat Sekitar yang Membutuhkan

Daerah

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang Mengikuti Pidato Presiden RI secara virtual

Daerah

Walikota Mojokerto Bekali Volunter Dengan Pelatihan Kreatif

Daerah

Jenderal Andika, Gardi Gazarin ICK: Harus Solid Jaga Korsa, Tidak Terseret Politik Praktis, Stop Bentrok Aparat