Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:07 WIB

Pemkot Probolinggo Berangkatkan Ratusan Calon Haji Kloter 43

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Pemerintah Kota Probolinggo bersama jajaran Forkopimda setempat, melepas Jama’ah Calon Haji (JCH) yang tergabung di Kloter 43 menuju Embarkasi Surabaya dengan menggunakan sejumlah Bus yang mendapatkan Pengawalan dari Satlantas Polres Probolinggo Kota, Selasa (21/05/2024) siang.

Sebelum diberangkatkan, lantunan merdu suara adzan dikumandangkan oleh Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis hingga membuat merinding semua yang hadir di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo siang tadi. Begitu pun saat Kapolresta AKBP Wadi Sa’bani mengumandangkan iqamat, ratusan pasang mata yang mengiringi perjalanan suci tersebut tampak hening, begitu larut dalam khidmat dan haru.

Diketahui, tahun ini Pemerintah Kota Probolinggo memberangkatkan jamaah laki-laki sejumlah 89 orang dan perempuan sebanyak 109 orang. JCH kali ini ini tergabung dengan Kab. Jember, dan Kab. Sidoarjo.

“Tahun ini ada total seratus sembilan puluh delapan JCH dari Kota Probolinggo, termasuk dua diantaranya petugas (haji daerah) dari kami,” terang Nurkholis.

Pria yang pernah berhaji di tahun 1997 itu menitipkan pesan pada para jamaah, agar pada saat berada di tanah suci, untuk bersama-sama mendoakan Kota Probolingo menjadi kota yang aman, tentram dan damai. Serta selalu dalam lindungan Allah SWT. Dan yang masih belum dapat melaksanakan ibadah haji, semoga di tahun-tahun mendatang diberikan kemampuan dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji.

“Titip doa untuk negara ini, provinsi ini, kota ini dan untuk keluarga masing-masing. Semoga juga panjenengan semua diparingi sehat, kelancaran, dan pulang dengan gelar haji mabrur,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Pj Nurkholis juga menyampaikan agar sesampai di tanah suci, menjadi tamu Allah yang baik, penuh khusyuk, sabar dan tawakal. Serta menggunakan tuntunan dan bimbingan manasik haji yang telah diberikan, supaya dibuat pedoman dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Agar syarat rukun dan wajib haji berjalan lancar sesuai dengan ketentuan syariat agama. “Niatkan untuk beribadah dan berpasrah,” katanya.

Ia juga berpesan untuk menjaga kesehatan, baik fisik maupun mental, cepat beradaptasi dengan lingkungan, karena iklim dan tata pergaulan yang berbeda dengan adat istiadat yang miliki negara Indonesia.

“Saya barusan cek bahwa suhu di Arab sampai empat puluh dua derajat hari ini. Artinya, panjenengan harus bawa minum yang banyak biar tidak dehidrasi, pakai alas kaki dan fisik juga harus kuat. Selamat menunaikan ibadah haji dan semoga menjadi haji mabrur,” tuturnya.

Sebagai informasi, dari 198 orang CJH yang diberangkatkan sekira pukul 14.00 WIB itu, jamaah tertua atas nama Moch Tohir Bati Sino (77) dan jamaah termuda atas nama Mohammad Herfan (22). Jamaah haji berkursi roda, laki-laki 5 orang dan perempuan 1 orang.

Menjadi jamaah termuda, Herfan, berangkat haji bersama sang Ibu, Lulut Heriani. Warga Kelurahan Pilang ini mengaku mendaftar pada tahun 2012 lalu.

“Ya, senang. Alhamdulillah semua dimudahkan, berangkat sama ibu,” katanya.

Pria berkacamata itu mengungkapkan sejatinya ibunya berangkat bersama dengan ayahnya. Namun karena sakit dan meninggal tahun lalu, Herfan pun menggantikan posisi ayahnya setelah 12 tahun penantian.

“Saya menggantikan beliau, saya juga bawa foto bapak,” ujar pria berkacamata tersebut berkaca-kaca. (suyit)

Share :

Baca Juga

Daerah

Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat, Forkopimda Sidoarjo Tabur 5.000 Benih Ikan Bandeng

Daerah

Prihatin JPD Rusak Dan Banyak Jatuh Korban, Warga Dusun Bongso Wetan Minta Bupati Realisasikan Pengaspalan JPD

Daerah

Antisipasi 3C, Kapolresta Mojokerto lakukan Patroli bersepeda Sambil Sapa Masyarakat

Daerah

Di Gedung DPRD Kota Kediri, Pj Wali Kota Kediri Sampaikan Nota Keuangan Atas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Kediri TA 2023

Daerah

Wabup M. Qosim Pastikan Masyarakat Pasar Balongpanggang Melaksanakan Protokol Kesehatan

Daerah

Polres Malang Selidiki Penyebab Kebakaran Lahan di PT. Gatra Mapan Pakis

Daerah

*Simak Capaian Sasaran Non Fisik TMMD Ke-102 Mojokerto Di Hari Ke-15*

Daerah

Sambut Bulan Ramadhan, Polres Lamongan Gelar Tadarus Alquran Bersama Anggota, ASN Dan PHL