Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 23 Mei 2024 - 23:51 WIB

Festival Lampion Balon 2024 Warnai Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto untuk Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak

Pj Ali Kuncoro bersama jajarannya melepaskan Lampion Balon 2024 di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Festival Lampion Balon 2024 yang digelar untuk memperingati Hari Raya Tri Suci Waisak di Alun-alun Wiraraja, Kota Mojokerto, berlangsung meriah. Event ini diharapkan menjadi agenda rutin tahunan, menarik wisatawan ke kota dengan tiga kecamatan tersebut, dan mempromosikan Kota Mojokerto sebagai destinasi wisata. Kamis(23/05/2024)malam

Pejabat (Pj) Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro, usai mengikuti festival tersebut menyampaikan harapannya agar acara ini menjadi tradisi tahunan. “Ketika ini menjadi event tahunan, Kota Mojokerto tidak hanya dikenal namun orang datang ke sini,” ungkapnya.

Dengan kehadiran wisatawan, lanjut Moh Ali Kuncoro, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Mojokerto diharapkan akan tumbuh. Tingkat hunian hotel juga diprediksi akan meningkat, memberikan dampak ekonomi positif bagi kota ini.

“Semua happy, semua punya cuan. Panitia melibatkan semua elemen, jadi memang hari raya umat Budha tapi panitianya itu panitia besar. Seluruh elemen yang ada di Kota Mojokerto dilibatkan.

Yang jelas kita ingin ada partnership di Kota Mojokerto, itu yang harus kita rawat, kita jaga, dan kita kuatkan,” katanya.

Selain itu, Moh Ali Kuncoro juga berharap Kota Mojokerto menjadi kota yang moderat dalam beragama dan inklusif. “Di sini, kita ingin semua bisa beribadah dengan baik dan tidak ada yang merasa dimarjinalkan.”

Ia terinspirasi dari Jawa Tengah yang rutin mengadakan festival di Magelang. “Kita berupaya dengan format lain, tidak lampion tapi balon. Terus jaga keharmonisan, kedamaian, persatuan, tidak boleh ada yang terkotak-kotak,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur menambahkan bahwa Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa lahir dari Bumi Majapahit, dan semboyan ini harus terus digaungkan. “Perbedaan itu tetap harus dibingkai dalam nafas persatuan,” pesannya.

Festival ini melibatkan lintas komunitas, lintas tradisi, dan lintas agama. Selain Wihara Buddhayana Mojokerto, acara ini juga melibatkan Sahabat Sosial Berbagi Mojokerto dan berbagai organisasi lintas agama, menampilkan nyata Bhinneka Tunggal Ika.

Detik-detik Waisak jatuh pada Kamis (23/05/2024) pukul 20.52.42 WIB, dengan doa yang dipimpin oleh seorang biksu sebelum tujuh pemuka agama lainnya turut memanjatkan doa. Sebanyak 2.568 lampion balon berwarna putih dilepas secara simbolis oleh (Pj) Wali Kota Mojokerto, didampingi Forkopimda Kota Mojokerto.

Turut hadir mantan Wali Kota Mojokerto 2019-2024, Ika Puspitasari (Neng Ita) bersama suaminya Supriyadi Karima Syaiful. Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan Festival Lampion Balon 2024 cukup tinggi, memadati Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto.

Festival ini tidak hanya memperingati Hari Raya Tri Suci Waisak tetapi juga memperkuat keharmonisan dan persatuan di Kota Mojokerto”. pungkasnya. (Zies)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Sidoarjo Bersholawat, Berkah Sholawat Ayem Tentrem

Daerah

Upaya Polri Ciptakan Mudik Sehat, Aman dan Lancar

Daerah

MENJELANG LAGA AREMA VS PERSEBAYA, JAJARAN POLSEK SINGOSARI DAN SUPORTER AREMANIA ADAKAN PERTEMUAN

Daerah

Bupati Asahan Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Secara Virtual.

Daerah

Kabupaten Blitar Jadi Tuan Rumah Festival Dalang Muda

Daerah

Giliran Masyarakat Manduro, mendapat Vaksinasi Dosis 2 Korem 082/CPYJ
Kabupaten Sidoarjo Kedatangan Tim Verifikasi kabupaten Sehat ( KKS )

Daerah

Kabupaten Sidoarjo Kedatangan Tim Verifikasi kabupaten Sehat ( KKS )

Daerah

Ngopi Bareng Awak Media”, Bersama Humas Polres Gresik Dalam Rangka Halalbihalal