Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 23 Mei 2024 - 22:22 WIB

Perayaan Waisak 2568 BE/2024: Umat Buddha Mojokerto Rayakan di Maha Wihara Mojopahit

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono bersama Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Bhante Viriyanadi Mahathera di Maha Vihara Mojopahit.

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Seluruh umat Buddha di Kabupaten Mojokerto turut merayakan puncak perayaan Waisak 2568 BE/2024 malam ini. Perayaan ini berlangsung khidmat di berbagai lokasi, termasuk di Maha Vihara Mojopahit, Kecamatan Trowulan, dengan dihadiri sejumlah tokoh penting. Kamis(23/05/2024)malam

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, meninjau langsung lokasi perayaan untuk memastikan umat Buddha di Mojokerto dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman.

Adhy tampak berada di Maha Vihara Mojopahit, didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Bhante Viriyanadi Mahathera. Mereka berjalan mengelilingi kawasan dan patung Buddha Tidur Maha Vihara Mojopahit, memeriksa persiapan puncak perayaan Waisak.

“Tentunya kita ingin memastikan bahwa umat Buddha bisa merayakan dan bisa beribadah dengan baik dan bisa tenang serta meningkatkan keharmonisan. Untuk umat Buddha bisa merayakan detik-detik prosesi Waisak,” ungkap Adhy Karyono.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk menjaga kerukunan antar umat beragama dan saling menghormati di Hari Raya Waisak. “Ini suatu hari besar yang kita hormati. Kita junjung sebagai umat beragama, yaitu Umat Buddha. Kami ingin melihat semua, pelaksanaan, persiapannya untuk acara memperingati Waisak bisa berjalan dengan baik,” tambahnya.

Adhy menekankan pentingnya menjaga tema Waisak 2024, “Keharmonisan Merupakan Pedoman Hidup Berdampingan dalam Berbangsa”. Ia berharap suasana kondusif di Jawa Timur dapat terus terjaga, menciptakan lingkungan yang aman dan damai.

“Mudah-mudahan dengan hari Waisak ini, diberikan kekuatan seluruh masyarakat menjalankan kehidupannya dengan baik dan tenang ,Jawa Timur menjadi lebih maju,” ungkapnya lebih lanjut.

Selain itu, Adhy juga berpesan kepada seluruh umat Buddha untuk menjaga kondusifitas dan meningkatkan keharmonisan di Jawa Timur. “Kami berpesan untuk semua umat Buddha, kiranya dapat melaksanakan semua kewajiban, prosesi, ritual untuk melaksanakan ibadah di masing-masing Vihara. Bagaimana sosok masyarakat yang membawa pesan damai, meningkatkan keharmonisan di Jawa Timur,” sambungnya.

Bhante Viriyanadi Mahathera, salah satu tokoh agama Buddha yang turut hadir, menyampaikan apresiasinya terhadap perhatian Pemprov Jatim kepada umat Buddha pada perayaan Waisak. “Terima kasih, Pemerintahan Jawa Timur telah memberikan kesan-kesannya untuk umat Buddha,” tandasnya.

Perayaan Waisak 2024 di Mojokerto diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan khidmat, mencerminkan keharmonisan dan kedamaian yang menjadi pedoman hidup umat Buddha serta seluruh masyarakat Jawa Timur.”pungkasnya. (Zies)

Share :

Baca Juga

Daerah

Hasil Pemeriksaan Komnas HAM,Brigadir ā€˜Jā€™ Tewas di Jakarta,bukan Dalam Perjalanan Magelang ā€“ Jakarta

Daerah

Kapolresta Sidoarjo Pimpin Latpra Ops Lilin Semeru 2023

Daerah

Cegah Petani Beralih Tanaman, Pemprov Jatim Diminta Galakkan Makan Buah Segar

Daerah

Kapolres Lamongan Sambut Kunjungan Silaturahmi Rektor Unisla Di Polres Lamongan

Daerah

Hibah 1 Unit Mobil Ambulance Diterima Korem 082/CPYJ Dari Bank BRI

Daerah

DANDIM 0821 BACAKAN SAMBUTAN PRESIDEN RI.
Wawali Kota Probolinggo Tekankan ASN Tunjukkan Kinerja Maksimal

Daerah

Wawali Kota Probolinggo Tekankan ASN Tunjukkan Kinerja Maksimal

Daerah

Komisi III DPRD Kabupaten Blitar Gelar Raker dengan Dinas Perkim