Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 25 Mei 2024 - 13:28 WIB

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni Resmi Membuka Sriwijaya Expo 2024 di Halaman Kantor DPRD Sumsel

PALEMBANG, Sekilasmedia.com- Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni berkomitmen akan mengembalikan kejayaan Bumi Sriwijaya.

Hal ini diungkapkan saat secara resmi membuka kegiatan Sriwijaya Expo 2024 di Halaman Kantor DPRD Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/5/2024).

Fatoni mengatakan tahun 2024 akan dijadikan sebagai tahun kebangkitan Kerajaan Sriwijaya. Ini dikarenakan, Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim terbesar sehingga sudah selayaknya Musium Sriwijaya diaktifkan kembali.

“Kita akan aktifkan kembali Museum Sriwijaya yang merupakan kebanggaan Sumatera Selatan dan Indonesia. Juga akan mengumpulkan benda-benda bersejarah di seluruh dunia yang memiliki keterkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya dan akan kita himpun menjadi satu. Bahkan kita juga akan aktifkan kembali museum tekstil, dan membuat kain songket terpanjang di dunia yang rencananya panjangnya nanti 2 kilometer,” ucap Fatoni.

Kejayaan Bumi Sriwijaya ini juga telah dilakukan melalui beberapa kegiatan, seperti launching Kopi Sumel pada 12 Mei 2024 lalu kemudian pameran Kopi Sumsel di Korea Selatan.

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel juga berupaya memperbarui produk kopi serta memberikan insentif pengembangan kopi sehingga menjadikan Kopi Sumsel sebagai tuan rumah di daerah sendiri.

“Bersama KADIN, kita sudah launching Kopi Sumsel dan dalam waktu dekat kita akan buat rekor Muri minum kopi terbanyak,” kata Fatoni.
Lebih lanjut Fatoni menyebut Sriwijaya Expo 2024 merupakan expo terbesar tingkat provinsi se-Indonesia.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan penghargaan bagi seluruh pihak sekaligus sebagai pendorong dan penggerak ekonomi Sumsel.
Fatoni menyambut baik terlaksananya kegiatan pameran Sriwijaya Expo tahun 2024 ini yang dirangkaikan dengan Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia) dan BBWI (Bangga Berwisata di Indonesia) 2024. Saya berharap pameran ini menjadi etalase bagi produk-produk berkualitas yang ada di Sumatera Selatan,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Neng Muhaiba dalam laporannya mengatakan Sriwijaya Expo bertujuan untuk× mempromosikan produk unggulan, jasa, kerajinan dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk-produk UMKM Sumsel.

“Sriwijaya Expo diselenggarakan dari tanggal 24 Mei hingga 28 Mei 2024 yang diisi dengan berbagai kegiatan hiburan, perlombaan maupun pertunjukan kesenian. Peserta pameran dari Dekranasda Kabupaten/Kota dan BUMN/BUMD. Terdapat 110 stand pameran di luar stand-stand makanan,” tutupnya.
( ril)

Share :

Baca Juga

Daerah

Paripurna DPRD Kota Mojokerto, Bahas Raperda Pengolahan Sampah  

Daerah

Penyampaian Pajak Daerah, Dimeriahkan Didikempot Vocal Asal Solo.

Daerah

Walikota Probolinggo Berikan Semangat Pada Pasien Covid 19 Melalui Video Call

Daerah

Koramil Krejengan Hadiri Musdes Desa Gebangan

Daerah

Pjs Bupati Mojokerto Audiensi bersama BAMAG dan GP Ansor Bahas Hibah

Daerah

Bina Jiwa Patriotisme, Bati komsos Koramil 0821/18 Tempursari menjadi Pembina upacara di SD.01

Daerah

PJ Walikota Batu Gerak Cepat Atasi Penanganan Masalah Sampah di TPA Tlekung

Daerah

Tinjau Beberapa Pasar Tradisional Pj Walikota Palembang Akui Harga Beras Masih Tinggi