Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 28 Mei 2024 - 08:31 WIB

Rapat Paripurna, Tiap Fraksi Sampaikan Laporan Hasil Reses Masa Persidangan Pertama 2024

Gresik,Sekilasmedia.com – Pada Senin (27/5/2024), DPRD Kabupaten Gresik menggelar rapat paripurna terkait penyampaian hasil reses DPRD masa persidangan I tahun 2024, bertempat di ruang paripurna gedung DPRD Gresik.

Rapat paripurna ini, dipimpin oleh Wakil Pimpinan Nur Saidah dan diikuti enam dari tujuh fraksi, tanpa kehadiran fraksi partai Golkar karena sedang mengikuti bimtek internal partainya.

Adapun aturan perundangan yang mengatur penyampaian laporan hasil reses, menurut Nur Saidah, berdasar peraturan pemerintah no. 12 tahun 2018 pasal 88 ayat 5 dan peraturan tata tertib DPRD Kabupaten Gresik nomor 01 tahun 2019 pasal 98 ayat 4 menyatakan bahwa anggota DPRD wajib melaporkan hasil reses kepada pimpinan DPRD yang disampaikan dalam rapat paripurna.

” Penyampaian laporan hasil reses kesatu, diawali oleh fraksi PKB, selanjutnya fraksi partai Gerindra lalu fraksi partai Golkar, fraksi PDIP, fraksi partai Nasdem, fraksi partai Demokrat dan fraksi Amanat Pembangunan. Kemudian laporan hasil reses I tahun 2024 ini akan dikirim kepada Bupati untuk bahan pertimbangan lebih lanjut,” katanya.

Dari laporan hasil reses I DPRD ketujuh faksi, beberapa hal yang menjadi sorotan diantaranya masalah

Dari 7 fraksi yang menyampaikan laporan hasil reses pertama tahun 2024 diantaranya masalah pertanian, infrastruktur, pendidikan, sosial, kesehatan, ketenagakerjaan dan perekonomian.

Seperti laporan hasil reses I fraksi PDIP yang disampaikan oleh Jumanto dimana beberapa masalah yang menjadi atensi fraksinya untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah Kabupaten Gresik seperti kelangkaan pupuk subsidi yang dialami para petani di Gresik saat musim tanam, lalu di bidang infrastruktur, meminta perhatian pemkab untuk melanjutkan program pembangunan di desa yang sempat terhenti.

Di bidang perekonomian terkait hibah UMKM yang sempat terhenti karena masalah untuk segera dilanjutkan kembali dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

” Faksi PDIP meminta Bupati menerbitkan Perbup terkait penyerapan tenaga kerja lokal yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri Gresik. Kemudian membuka BLK-BLK untuk peningkatan kualifikasi skill / ketrampilan tenaga kerja lokal dan lulusan SMK sesuai kebutuhan dunia usaha,” sambungnya.

Di bidang kesehatan, penanganan pasien rujukan dari faskes pertama ke
Rumah Sakit Umum Daerah kabupaten Gresik selama ini banyak yang tertolak
dengan alasan tidak tersedianya kamar di Rumah Sakit Daerah.

Sementara itu faksi Amanat Pembangunan melaporkan hasil reses I sbeberaoa diantaranya seperti banyak tumbuhnya toko modern seperti minimarket yang berdiri dekat pasar tradisional yang melanggar perda Gresik untuk ditindak tegas, belum teralisasinya pencairan dana hibah BOS untuk sekolah swasta semestar 2 tahun 2023 dari pemerintah daerah, memohon kepada pemkab Gresik melalui DHL lebih serius menangani persampahan, meminta pemkab Gresik menangani keberadaan pengemis dan pengamen di lampu merah. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

PB HMI Apresiasi Kinerja Presiden RI

Daerah

Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Ikrarkan netralisasi Dalam Pemilu 2024

Daerah

Naas, Truk Membawa Rombongan Kesenian Bantengan Masuk Jurang Tunggangan

Daerah

Resmikan TPS Terpadu Belahanrejo, Bupati Yani Berharap Pengelolaan Sampah Lebih Efisien dan Efektif

Daerah

Kuatkan Literasi dan Numerisasi bagi Guru SMP Negeri/ Swasta Tahun 2024

Daerah

Forum Warga Kota Malang Peduli Jalan Berlubang, Ber-Aksi Pengumpulan Koin Peduli Jalan Berlubang

Daerah

Satlantas Polres Lumajang Berikan Kebijakan Dispensasi Perpanjangan SIM

Daerah

Ajak Wujudkan Kondusifitas Wilayah, Koramil 0815/04 Puri Gelar Komsos Dengan Komponen Masyarakat