Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 29 Mei 2024 - 18:36 WIB

Bupati Ikfina Tekankan Pentingnya Wujudkan Lansia Mandiri

Mojokerto,sekilasmedia.com- Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menekankan pentingnya mewujudkan lansia mandiri di Bumi Majapahit, agar para lansia dapat bahagia, sehat, dan berdaya guna. Hal tersebut, disampaikan oleh Bupati Ikfina ketika menggelar program Tilik Deso Mirsani Masyarakat (Bulik Soima).

Kali ini, Pelaksanaan Bulik Soima berlangsung di salah satu rumah keluarga penerima manfaat (KPM), di Desa Jatirejo, Kecamatan Jatirejo, pada Rabu (29/5) pagi.

Pada pelaksanaan Bulik Soima yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto tersebut, Diikuti lebih dari 50 KPM, para peserta juga dijelaskan terkait makanan yang mengandung kaya gizi dan protein serta pentingnya dalam mewujudkan lansia mandiri.

Lebih lanjut, Program Bulik Soima yang dipusatkan di salah satu rumah KPM Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI ini, sebagai upaya Pemkab Mojokerto dalam mendengarkan keluhan dari masyarakat.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina mengungkapkan, bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto berupaya untuk mewujudkan lansia mandiri. Salah satu cara untuk mewujudkannya yaitu dengan menjaga kesehatan para lansia lansia.

Selain itu, dalam menjaga kesehatan serta terhindar dari gejala pikun, Bupati Ikfina juga mengatakan, agar para lansia memiliki aktivitas setiap hari.

“Jadi dicarikan kegiatan yang memang bisa dikerjakan oleh lansia tersebut, jadi kegiatan yang ringan-ringan saja,” jelasnya.

Tak hanya itu, dalam mewujudkan lansia mandiri Bupati Ikfina juga menjelaskan, bahwa Pemkab Mojokerto juga memiliki program rutin yang terus digalakkan yaitu Selasa Sehat Jaga Lansia Mandir (Sejoli).

“Program untuk lansia ini ada puskesmas lansia, dan kita juga ada program Sejoli (Selasa Sehat Jaga Lansia Mandiri) jadi program tersebut tujuannya mengupayakan agar lansia itu bisa kemana mana sendiri, sehingga lansia ini tidak terganggu kepada orang lain untuk melakukan aktivitas sehari-hari,” jelasnya.

Diakhir arahannya, orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto mengharapkan, agar lansia yang berada di Desa Jatirejo untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

“Jaga kesehatan, periksakan kesehatan secara rutin, kalau tidak punya darah tinggi, kencing manis, kolesterol, asam urat maka bisa periksa setiap 3 bulan sekali, tapi kalau ibu-ibu punya kalau punya darah tinggi, kencing manis, kolesterol, asam urat maka periksanya 1 bulan sekali,” pungkasnya.(SM)

Share :

Baca Juga

Daerah

Polsek Lumajang Halal Bil Halal dan Reoni Akbar 2023

Daerah

Pemkab Gelar Rakor dan Sinkronisasi Tata Laksana Kelembagaan Organisasi Koperasi

Daerah

Pos PAM WBL Laksanakan Patroli di Wisata Bahari Lamongan dan Maharani Zoo dan Goa

Daerah

Pj Wali Kota Kediri Halal Bihalal Bersama DPRD Kota Kediri

Daerah

Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-26 RSUD Grati Jalankan Program “Lansia Smart”

Daerah

Usai I-BAN Bansos, Jembrana Bentuk Kampung Bahari Budidaya Udang Berbasis Technology Terkeni

Daerah

Polres Lamongan Musnahkan Ribuan Liter Miras dan Ratusan Knalpot Brong Hasil Ops Pekat Semeru 2024

Daerah

Komisi II DPRD Kota Blitar Sidak Gudang Calon Penampung Rastereda