Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 30 Mei 2024 - 14:12 WIB

Pemkab Mojokerto Gelontorkan Hibah 166 Ekor Kambing Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Pemkab Mojokerto melalui Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto menyerahkan bantuan hibah 166 ekor kambing berjenis peranakan etawa (PE) kepada 8 kelompok tani (poktan) yang tersebar di 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Puri, Gondang, Pacet, Ngoro dan Dawarblandong.

Bantuan tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ikfina kepada Poktan Sumber Makmur, Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Rabu, (29/5/24) sore.

Kegiatan penyerahan bantuan kambing itu dihadiri pula oleh PLT Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Mojokerto Nurul Istiqomah, Camat Dawarblandong, Koordinator PPL dan PPL Pendamping Kecamatan Dawarblandong, Koordinator PPL Kecamatan Pacet, Kecamatan Gondang, Kecamatan Puri dan Kecamatan Ngoro.

Bupati Ikfina menyampaikan penyerahan bantuan kambing ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Mojokerto untuk meningkatkan kesejahteraan para poktan. Selain itu, peternakan ini juga menjadi potensi yang penting di Kabupaten Mojokerto, terutama dalam menggerakkan ekonomi.

“Kambing harus bisa berkembang lebih banyak. Kalau bisa 15 betina itu bunting semua. Itu sangat bagus. Uang untuk membeli kambing ini senilai Rp 503 juta, yang dianggarkan dalam APBD. Melalui pemberian bantuan ini, tugas anda semua adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan poktan dan keluarga,” ucap Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina juga meminta para Poktan untuk bisa memanfaatkan segala potensi yang ada di peternakan, salah satunya kotoran hewan. Menurutnya, kotoran hewan kambing bisa dimanfaatkan dan bisa diolah untuk menjadi pupuk organik.

“Jadi nanti bisa diputar kembali kotorannya bisa dijadikan pupuk, kemudian kalau tidak salah urinenya juga bisa dimanfaatkan, jadi ini semua bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, dalam laporan PLT Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Mojokerto Nurul Istiqomah mengungkapkan bahwa, penyerahan bantuan hewan ternak kambing ini, menjadi salah satu komitmen Pemkab Mojokerto dalam mengembangkan ketahanan pangan di wilayahnya.

“Harapan kita di dinas pertanian adalah, bagaimana agar selalu mengembangkan ketahanan pangan. Ketahanan ini tidak selalu berasal dari sektor pertanian, tapi juga dari peternakan,” tuturnya.

Nurul juga menyebutkan jumlah kambing hibah yang diterima para poktan di tahun anggaran 2024 kali ini yaitu sebanyak 166 kambing, serta yang terbanyak diserahkan kepada Poktan Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong.

“Acara sore ini sengaja kita laksanakan di Dawarblandong, khususnya di Desa Gunungsari karena di sini kambingnya ada 47, yakni 43 kambing betina dan 4 kambing jantan. Sedangkan yang lainnya diberikan 2 jantan dan 15 betina,” pungkasnya. (Clara)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kebakaran Hebat Melahap Pabrik Kayu Mebel PT. Nippo Tech Sejahtera Menganti

Daerah

Dikira Razia, Ternyata Polisi Sidoarjo Bagikan BBM Gratis

Daerah

Ucapan Selamat Dan Tanggapan Diberikan Pada Miftahul Arif Ketua KWG Terpilih Oleh KJJT Gresik

Daerah

Nita Tri Wahyuni “Keberadaan MCK Di Lapangan Gayasan Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat”

Daerah

Sat Reskrim Polres Malang Amankan Pelaku Pelecehan Seksual Terhadap Anak Dibawah Umur

Daerah

Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan Tinggi Menuju Pembelajaran yang Lebih Relevan

Daerah

Polres Blitar Kota Bagi Takjil Sekaligus Sosialisasi Protokol Kesehatan

Daerah

PP Sabilul Muttaqin Yang Diasuh Dr KH Abdul Rokhim Adakan Peringatan Maulid Nabi, Undang Gubernur Khofifah & Wabup Gus Barra