Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 31 Mei 2024 - 21:10 WIB

Bupati Mojokerto Ajak Remaja Putri SMP Negeri 1 Trawas Untuk Cegah Stunting

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Program Jumat CERIA (Cantik, Energik, Rajin, Inovatif dan Aktif) menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto yang diinisiasi Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto untuk menekan angka stunting di Bumi Majapahit, kali ini digelar di SMPN 1 Trawas, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jumat (31/5/24) pagi.

Acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr. Ulum Rokhmat Rokhmawan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Ludfi Ariyono, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Trawas Sudiono, Kepala Puskesmas Trawas, Camat Trawas, Kepala Desa Ketapanrame dan Forkopimca Trawas.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Trawas Sudiono, mengucapkan banyak terimakasih kepada Ibu Bupati Ikfina beserta rombongan yang meluangkan waktunya untuk menghadiri acara pagi ini.

“Jumlah remaja putri yang sudah diperiksa HB sebanyak 179 siswi dan yang mengalami anemia sebanyak 9 siswi dan akan dilakukan pemeriksaan HB ulang 3 bulan kemudian. Dilanjut dengan minum TTD secara bersama-sama oleh 307 remaja putri SMP Negeri 1 Trawas,” terangnya.

Bupati Ikfina menjelaskan agar para siswi ini tidak mengalami kekurangan darah maka perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, apabila kekurangan darah yang nantinya akan berdampak pada bayinya ketika sudah menjadi ibu.

“Salah satu makanan yang mengandung zat besi adalah kuning telur, selain kuning telur itu ada hati ayam, daun ketela, kemudian ada juga kacang-kacangan jadi berbagai jenis kacang-kacangan dan turunannya itu mengandung zat besi,” terangnya.

“Ada minuman yang menghalangi masuknya zat besi untuk masuk ke pembuluh darah yaitu kopi dan teh. Jadi kalau mau minum kopi sebaiknya jarak 1 jam setelah makan. Dan ada juga minuman yang mempercepat penyerapan zat besi yaitu jus jeruk karena penyerapannya di dalam tubuh akan maksimal” imbuhnya.

Diakhir arahannya, Bupati Ikfina itu juga menghimbau anak-anak untuk rajin berolahraga khususnya di pagi hari, karena dampaknya sangat baik bagi kesehatan tubuh mereka. Terima kasih hari ini anak-anak sudah berpartisipasi baik. Jadi anak-anak juga harus rajin senam seperti ini, karena seperti ini kita terkena sinar matahari yang dapat digunakan mengubah pro vit D menjadi vit D agar tubuh kita menjadi kuat dan bugar,” pungkasnya. (Clara)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolres Lamongan Lakukan Patroli Pengecekan Palang Pintu Rel Kereta Api Sebidang 

Daerah

Melalui Aplikasi BANPOL Polda Sumsel . Bongkar Sindikat Lahgun BBM Subsidi Manager Dan Pengawas SPBU Tersangka  

Daerah

Upaya Polri Ciptakan Mudik Sehat, Aman dan Lancar

Daerah

Komjen Firli Bahuri: Kita Berikan Penghargaan Kepada TNI, Polri Yang Sudah Bekerja Keras Mengendalikan Covid-19 di Jatim

Daerah

DPC KGBN Kabupaten Mojokerto Bersilaturahmi Bersama Ganjar Pranowo di Tawangmangu

Daerah

Kapolres Pasuruan Kota Himbau Masyarakat Agar Cermat Dalam Berinvestasi

Daerah

Kado HUT RI: Cukup ke Setigi, Anda Bisa Menikmati Pemandangan Tebing Batu Karst Seperti di Luar Negeri

Daerah

Ditnarkoba Polda Jatim Bantu Korban Terdampak Erupsi Gunung Semeru