Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 31 Mei 2024 - 18:24 WIB

Dorong Pelestarian Budaya Di Bumi Majapahit, Bupati Ikfina : Harus Diwarnai Dengan Nilai-Nilai NU

 Mojokerto,Sekilasmedia.com – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mendorong warga nahdliyyin khususnya Lesbumi NU Kabupaten Mojokerto untuk terus mengembangkan dan melestarikan seni budaya sesuai dengan nilai-nilai NU.

“Karena Lesbumi NU Kabupaten Mojokerto berada di pusat ibu kota Kerajaan Majapahit, maka berarti nilai seni budaya nya harus dikembangkan, dilestarikan, dan harus diwarnai dengan nilai-nilai NU ini. Tentu berbeda dengan di daerah lain,” tutur Bupati Ikfina dalam acara Sekar Pamujan Harlah Lesbumi NU Ke 64, di Hall Nine Star PCNU Kabupaten Mojokerto, Kamis, (30/5) malam.

Sebagai daerah bekas kerajaan Majapahit, lanjut Ikfina, seni budaya menjadi identitas daerah yang harus dilestarikan melalui Lesbumi NU ini. sebab, lesbumi ini adalah lembaga yang menaungi para seniman dan budayawan NU.

“Artinya disini ada syiar agama Islam, dalam hal ini NU oleh para seniman dan budayawan nya. Dan pasti pelakunya ini tidak sembarangan. Ada kyai, gus, ning dan bu nyai dan pasti semuanya berjiwa seni,” ungkapnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini juga mengapresiasi ikhtiar dan kegiatan yang dilakukan oleh seniman dan budayawan NU ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Mojokerto. Ia juga menaruh harapan besar kepada seniman budayawan NU untuk terus melestarikan adat istiadat, seni dan budaya adiluhung.

“Bagaimana kemudian adat istiadat, seni dan budaya leluhur kita yang adiluhung ini bisa dilestarikan, sehingga menjadi nilai-nilai untuk meningkatkan ketaqwaan,” pungkasnya

Share :

Baca Juga

Daerah

Respon Keluhan Warga di Jum’at Curhat, Polres Kediri Kota Amankan Puluhan Motor Diduga Balap Liar

Daerah

Polres Pasuruan Gelar Olahraga Bersama Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke -76 Tahun 2022

Daerah

Sekda Kota Palembang Drs. Ratu Dewa, M.Si Melantik Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Daerah

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Mojokerto Naik menjadi 363

Daerah

Gegara Medsos, Suami Diduga Tega Aniaya Istri
ASN Pemkab Probolinggo Siap Sukseskan Sensus Penduduk dan Susenas 2020

Daerah

ASN Pemkab Probolinggo Siap Sukseskan Sensus Penduduk dan Susenas 2020

Daerah

Bupati Sidoarjo: Data BPN Kabupaten Sidoarjo Peringkat Pertama Pengurusan Sertifikat Tanah

Daerah

Pembangunan Jembatan Pedahan, Percepat Akses Dua Wilayah