Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 1 Juni 2024 - 14:33 WIB

Fatayat NU Jatim Di Hadapan Emil Dardak & Abdul Hakam Ketum – Sekum MES Jatim, Minta Pinjol Ditutup

SURABAYA,Sekilasmedia.com- Kehebohan terjadi di Auditorium Cendrawasih Universitas Airlangga (Unair) Kampus B Jalan Darmawangsa Surabaya, hari ini Sabtu 1 Juni 2024, saat seratusan lebih emak-emak, ibu-ibu, generasi muda wanita dan peserta lain berkumpul di hadapan Emil Dardak, Abdul Hakam MES Jawa Timur, disertai kehadiran artis Arumi Bachsin yang menjadi Keynote Speaker Seminar Dan Workshop Woman Empowerment: “Menteri Keuangan Rumah Tangga Bijak Menghadapi Bahaya Pinjol (Pinjaman Online) Untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga”

Abdul Hakam selaku Ketua Steering Committee seminar dan workshop yang diadakan MES Jatim menyerahkan cenderamata kepada Emil Dardak Ketua MES Jatim (yang telah membuka acara, red.) didamping Arumi Bachsin dan Doktor Rena dari UPN Veteran Jatim (Surabaya) selaku moderator, diiringi kehebohan para ibu-ibu antri meminta foto bersama dengan Emil Dardak dan Arumi Bachsin. Peserta dari Unair, UPN Veteran Jatim, Darma Wanita, PKK, Aisiyah, Fatayat NU, perwakilan MES berbagai daerah dan lainnya.

“Ini acara pertama yang diadakan MES Jatim mengenai pinjaman online (pinjol) dan sukses mengundang antusias para ibu-ibu dan peserta,” narasi MC mengiringi rasa antusias dan kehebohan para peserta. “Mungkin acara semacam ini akan kita adakan minimal tiap satu bulan satu kali ”

Kehebohan tidak hanya itu. Sebelumnya saat sharing dengan Arumi Bachsin, beberapa audien langsung menyampaikan kegeramannya karena rata-rata ada orang dekatnya yang menjadi korban pinjaman online (pinjol). Bahkan salah satu pengurus Aisyiah Jatim, ada yang diancam-ancam dengan akan dibunuh.

Kasus lainnya adalah adanya seorang suami yang istrinya gaptek, akan tetapi tiba-tiba ditelpon-telpon ditagih pinjol dan diancam-ancam. Tapi karena Sang Suami berani, pihak pinjol yang diduga ilegal itupun ditelpon balik hingga pihak pinjol tidak lagi menagih-nagih lewat telpon dan whattsap.

Yang lebih keras lagi disampaikan salah satu pengurus Fatayat NU. Menurutnya negara harus hadir untuk melindungi rakyatnya dari pinjol. “Jika negara tidak mampu melindungi rakyatnya, kita minta agar pinjol ditutup saja,” tandasnya geram.

Sebagaimana diketahui, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Timur yang dipimpin Dr Emil Dardak sebagai Ketua Umum dan Abdul Hakam SH., M.Si selaku Sekretaris Umum beserta jajaran, dalam bagian propos mengutip penelitian yang dilakukan Katadata Insight Center pada tahun 2022 menunjukkan bahwa 65% pengguna pinjol terjebak dalam hutang yang tidak terbayar. Lanjut MES Jatim, menurut OJK per tahun 2021 pengguna pinjol lebih banyak perempuan dibanding laki-laki yakni 9.498.405 (54,95%) dan laki-laki 7.785.569 (45,05%) dan Ibu Rumah Tangga (IRT) menempati urutan ke-3 terbanyak kelompok masyarakat yang terjerat pinjol.

Hal tersebut disebabkan beberapa faktor seperti kurangnya pengetahuan tentang pinjol, ketidakmampuan dalam mengelola keuangan, tergiur oleh tawaran bunga rendah dan proses pengajuan yang mudah, terjebak dalam jebakan hutang berantai. Masalah keuangan akibat pinjol dapat berdampak negatif pada kehidupan keluarga, seperti stres dan kecemasan, pertengkaran rumah tangga, penurunan produktivitas kerja, gangguan kesehatan mental, bahkan dalam beberapa kasus bisa memicu tindakan kriminal.

Diantaranya sebab dengan situasi – kondisi tersebut, MES Jatim tergerak untuk memberikan edukasi mengenai pinjaman online dan peningkatan skill dalam pengelolaan keuangan untuk Ibu Rumah Tangga (IRT) sebagai Menteri Keuangan / pengelola keuangan dalam keluarga.

“Salah satunya untuk menghadapi situasi kondisi seperti itu kami akan mengadakan program Seminar dan Workshop dengan tema: Menteri Keuangan Rumah Tangga Bijak Menghadapi Bahaya Pinjol (Pinjaman Online) Untuk Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga,” jelas Abdul Hakam Sekretaris Umum MES Jatim yang juga Ketua Steering Committee acara Seminar & Workshop MES Jatim, dimana untuk Ketua Umum MES Jatim adalah Emil Dardak (Penanggung jawab Seminar & Workshop, red.) dan Ketua Umum MES pusat dijabat Erick Thohir yang juga Menteri BUMN RI.

Acara ini diharapkan dapat membantu IRT dan masyarakat luas umumnya dalam mengenal ciri pinjol legal dan ilegal, membuat keputusan bijak yang tepat terkait pinjol dan terhindar dari jebakan hutang pinjol dengan pengelolaan keuangan yang baik dan pengetahuan yang memadai tentang pinjol, keluarga terhindar dari masalah keuangan dan hidup lebih tenang serta mendorong budaya keuangan yang sehat dan bertanggung jawab dalam keluarga.

Diharapkan MES Jatim dibawah kepempinan Emil Dardak, acara tersebut dapat membantu perempuan, Ibu Rumah Tangga (IRT) dan masyarakat luas umumnya dalam mengenal ciri pinjol legal dan ilegal, membuat keputusan bijak yang tepat terkait pinjol dan terhindar dari jebakan hutang pinjol dengan pengelolaan keuangan yang baik dan pengetahuan yang memadai tentang pinjol, keluarga terhindar dari masalah keuangan dan hidup lebih tenang serta mendorong budaya keuangan yang sehat dan bertanggung jawab dalam keluarga.

Sebagai catatan, acara digelar di kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dengan dukungan berbagai pihak diantaranya Unair dan UPN Veteran Jatim (Surabaya). Seminar digelar pada hari Sabtu 1 Juni 2024, workshop pada tanggal: 8, 15, 22, 29 Juni 2024. Arumi Bachsin ketua TP PKK Jatim 2019 – 2024 sebagai Keynote Speaker. Dengan narasumber lainnya adalah Jailani ST anggota Komisi Advokasi BPKN, Maulana Yusup Deputi Direktur Pengawasan LJK 4 Dan Perizinan (OJK), dan Umi Rodiyah Direktur Kepatuhan Bank Jatim. Pendapat Anda? Sms atau WA kesini= 081216271926 (Siswahyu).

Share :

Baca Juga

Daerah

Minggu Militer Ratusan Prajurit Kodim 0815 Mojokerto Jalan Kaki Jelajah Desa

Daerah

Jaga Harkamtibmas Tetap Kondusif Jelang Ramadhan, Polda Jatim Gelar Baksos dan Silaturahmi dengan Ulama di Sampang

Daerah

RSUD Bangil Rayakan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan Dengan Bakti Sosial

Daerah

Aparat Gabungan TNI Polri di lamongan terus Berikan Himbauan Protkes Saat Laksanakan Patroli Gabungan

Daerah

WARGA DESA DENOK PERINGATI HUT RI KE 73 DENGAN TARI PONOROGO DISAMBUT ANTUSIAS WARGA

Daerah

Kejutan Dandim 0812 Lamongan Saat HUT Bhayangkara ke-76 di Polres Lamongan

Daerah

Pembentukan Bumdesma, Danramil Kuripan Pastikan Kegiatan Sudah Terencana.
Kesenian Leak Meriahkan Rangkaian Peringatan HUT RI di Blitar

Daerah

Kesenian Leak Meriahkan Rangkaian Peringatan HUT RI di Blitar