Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 1 Juni 2024 - 14:29 WIB

Sedekah Bumi Desa Kedanyang, Warga Antusias Berebut Hasil Bumi di Tumpeng Raksasa

 

Gresik, Sekilasmedia.com– Bentuk rasa syukur lewat sedekah bumi, warga Desa Kedanyang dengan sukaria berebut hasil bumi yang terpajang di Tumpeng Raksasa. Hal ini menambah meriahnya acara tradisi tersebut.

Bahkan, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang biasa disapa Gus Yani beserta beberapa OPD serta pemerintahan desa setempat yang hadir di tasyakuran dan gelar budaya wayang kulit dalam rangka sedekah bumi Desa Kedanyang nampak sangat menikmati rangkaian kegiatan itu.

Tradisi ini berlangsung di halaman balai Desa Kedanyang Kebomas Kabupaten Gresik pada Sabtu (1/6/2024). Pada kesempatan it, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingi Mustofa Kepala Desa Kedanyang memberikan santuna kepada anak yatim piatu.

Menurut Bupati Yani sedekah bumi sebagai wujud refleksi menikmati rasa syukur kepada Allah SWT, yakni atas apa yang sudah diberikan oleh-Nya. Mudah-mudahan dengan ini, Desa Kedanyang terus semakin baik dan maju.

Di sini Bupati Gresik juga mengapresiasi kegiatan sedekah bumi yang diselenggarakan pemerintah Desa Kedanyang setiap tahun.

” Pemerintah Desa Kedanyang mudah- mudahan tetap istiqomah dalam melestarikan tradisi budaya lokal seperti sedekah bumi ini, katanya.

Sebelumnya, Camat Kebomas Tri Joko Efendi di hadapan warga menyampaikan bahwa sedekah bumi sendiri dimaknai bersih desa agar terhindar dari segala marabahaya, dihindarkan dari kemaksiatan serta diberi kenikmatan rejeki.

” Selain itu, menjadikan warga tetap guyub rukun dan damai, sehingga Desa Kedanyang kian makmur serta aman sentosa,” imbuhnya. Hal ini diamini oleh Mustofa Kepala Desa Kedanyang.

Sementara wakil panitia sedekah bumi Desa Kedanyang Sukahar mengungkapkan bahwa sedekah bumi ini mengambil tema ” Sedekah Bumi Bangkitkan Semangat Gotong Royong dan Pelestarian Seni Tradisi”.

” Artinya secara turun temurun warga Desa secara gotong royong mengadakan sedekah bumi, sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Di samping itu, dengan sedekah bumi ini, akan terjalin silaturahmi dan kerukunan antar warga masyarakat,” terangnya.

Sukandar menambahkan sedekah bumi tahun ini dimeriahkan pagelaran wayang kulit asal Balongpanggang dengan dalang Eko Ardianto serta bintang tamu Rena KDI dari Jakarta. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

HUT RSUD Ngudi Waluyo ke 39 Gelar Jalan Sehat

Daerah

Sejumlah PJU Dan Kapolsek Jajaran Dilantik Kapolresta Mojokerto

Daerah

Denpom Divif 2 Kostrad Bersihkan Puing – Puing Sisa Kebakaran di Pasar Lawang

Daerah

MUI Mojokerto Menilai Kepemimpinan Irjen Pol Nico Sangat Baik

Daerah

Dispersip Peringati Hari Kunjung Perpustakaan

Daerah

Pemkot Surakarta Distribusikan Paket Sembako ke Warga yang Terkena Dampak Covid-19

Daerah

GUBERNUR MINTA BUPATI & WABUP GIANYAR UTAMAKAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

Daerah

Kapolres Mojokerto Dengarkan Aspirasi Supeltas Lewat Program Jum’at Curhat