Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 1 Juni 2024 - 14:28 WIB

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Blitar, Sekilasmedia.com-Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Upacara ini diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Blitar diikuti oleh TNI, Polri, ASN, Ormas, dan Pelajar bertempat di Alon – Alon Kanigoro. Sabtu (1/6/2024)

Mak Rini sapaan akrab Bupati Blitar menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Blitar. Dalam kesempatan ini, Mak Rini membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang berisi, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia” sambutan Kepala BPIP RI.

Mak Rini menambahkan, momentum hari Lahir Pancasila merupakan hari bersejarah dan harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Mak Rini juga mengajak semuanya untuk menjadikan Pancasila semakin membumi sebagai nafas filosofis kehidupan bangsa, ideologi oleh seluruh tumpah darah Indonesia. ddg

Share :

Baca Juga

Lelang Bandeng Kawak Sidoarjo Kumpulkan Dana 1,4 Milyar

Daerah

Lelang Bandeng Kawak Sidoarjo Kumpulkan Dana 1,4 Milyar

Daerah

Aksi Heroik Bhabinkamtibmas Selamatkan Warga yang Hendak Bunuh Diri Berbuah Penghargaan

Daerah

DINAS PU SDA KABUPATEN MALANG, PASANG PINTU PELIMPAH
Ini Langkah Pemkot Probolinggo Terkait Anjal Yang Tinggal di Pasar Gotong Royong

Daerah

Ini Langkah Pemkot Probolinggo Terkait Anjal Yang Tinggal di Pasar Gotong Royong

Daerah

Kapolres Gresik Pimpin Pengamanan Saat Pendaftaran Pasangan NIAT Di KPU

Daerah

Sukseskan KTT G20, Polresta Sidoarjo Gelar Cangkrukan Kamtibmas

Daerah

KP3 Kabupaten Ngawi Segera Monev dan Turun Lapangan, Terkait Temuan Pupuk Subsidi Oleh Polres Nganjuk

Daerah

Walikota Probolinggo Ajak Masyarakat Untuk Isi Sensus Penduduk 2020 Secara Online