Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Minggu, 2 Juni 2024 - 18:45 WIB

Pemkab Mojokerto Gelar Sosialisasi Penggunaan KKPD, Tingkatkan Efektivitas Belanja Daerah

Mojokerto,Sekilasmedia.com – Dalam rangka meningkatkan efektivitas belanja daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto menggelar sosialisasi penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).

Sosialisasi KKPD yang diinisiasi BPKAD Kabupaten Mojokerto diikuti sedikitnya 120 pejabat dilingkungan Pemkab Mojokerto, terdiri dari Kepala OPD, PPTK, OPD Pilot Project, serta Bendahara Pengeluaran. Puluhan pejabat tersebut mendapat pengarahan dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri di Arayana Hotel and Resort pada Senin, (27/5) pagi.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengungkapkan adanya KKPD ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam mendukung Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

“Intinya ini adalah mendukung SPBE Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto terutama dalam hal  pengelolaan keuangan,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, adanya KKPD ini dinilai dapat memberikan keuntungan kegunaan bagi para OPD karena menggunakan kartu kredit dengan sistem pembayaran non tunai (Cashless). Tak hanya itu, ini juga memudahkan para OPD dalam melaksanakan berbagai kegiatan terkait dengan penggunaan uang pemerintah daerah.

“Jadi ini sebenarnya ada dua jenis kegunaan yaitu untuk barang dan jasa serta perjalanan dinas, jadi kalau perjalanan dinas cukup membawa kartu itu saja,” tuturnya.

Melalui KKPD ini, lanjut Ikfina, pengeluaran dan pemasukan keuangan dari para OPD akan dapat tercatat dengan baik serta ada bukti cetak yang dikeluarkan untuk memantau pengelolaannya.

“Jadi disatu sisi nanti keuntungannya adalah semua tercatat dengan baik, semuanya transparan,” jelasnya.

Pada akhir arahannya, Bupati Ikfina juga berpesan kepada seluruh kepala OPD untuk selalu memonitor pengeluaran keuangan menggunakan KKPD tersebut.

“Karena kartu ini nanti tanggung jawabnya tetap di kepala OPD masing-masing, jadi nanti saya minta tolong kepada para kepala OPD masing-masing untuk monitor, jadi nanti kalau bisa juga bapak ibu bisa memonitor masing-masing, jadi kita tahu nanti pengeluarannya apa saja,” pungkasnya

Share :

Baca Juga

Daerah

Kecam Aksi Intimidasi dan Kekerasan Terhadap Jurnalis, GOP Minta Aparat Bertindak Tegas Tangkap Pelaku

Daerah

Jalin Silaturahmi, Polsek Dlanggu Gelar Jumat Curhat Bersama Penggiat UMKM Desa Kalen

Daerah

Anna Purnama Gauri Caleg Gerindra Ajak Milenial Bangun Mojokerto Dengan Semangat Patih Gajah Mada

Daerah

Erick Thohir Lantik MES Jatim Pimpinan ‘Duet’ Emil Dardak – Abdul Hakam SH, M.Si

Daerah

Kualitas Komunikasi Gibran Dinilai Makin Baik, Ini Penjelasan Pakar dari Stikosa AWS

Daerah

Resmi Dibuka, Dansatgas Paparkan Kesiapan TMMD Ke-112 Kodim 0815/Mojokerto

Daerah

Kapolresta Mojokerto Menerima Kunjungan PT. Pos Indonesia Cabang Mojokerto

Daerah

Ratusan Warga di Buleleng Bakar Rumah Penggarap Tanah Sengketa