Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 3 Juni 2024 - 16:38 WIB

Hari Pertama PPDB Jenjang SMP Jalur Prestasi Dibuka Langsung Diserbu Ratusan Pendaftar Baru

Malang, sekilasmedia.com- Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Malang untuk tahun ajaran 2024/2025 jenjang SMP untuk jalur prestasi telah dilaksanakan mulai tanggal 3-5 Juni 2024 dan pengumuman di laksanakan tanggal 7 Juni 2024.

Dimana hari pertama di buka pendaftaran PPDB tahun ajaran 2024/2025 di Dinas Pendidikan Kota Malang langsung diserbu ratusan Calon Peserta Didik Baru (CBDB) jenjang SMP dari jalur prestasi.

Dimana terdapat empat tahap jalur pendaftaran yang dapat dipilih calon siswa SMP, yaitu zonasi, afirmasi, kepindahan orang tua, dan prestasi.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kota Malang, Suwarjana, S.E., M.M,. jika antusias warga masyarakat sungguh luar biasa meskipun kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari.

“Masyarakat tidak perlu tergesa-gesa, namun demikian kami melayani sepenuh hati. Semua serba geratis, bahkan sampai parkir pun juga geratis,” kata Suwarjana. Senin (3/6).

Selain itu menurut Suwarjana bahwa bagi Wali murid yang kurang paham terkait tata cara pendaftaran, dirinya telah menyiapkan tim untuk mempermudah dalam membantu para wali murid yang sedang mendaftarkan putra-putrinya dalam PPDB jenjang SMP tersebut.

“Untuk prestasi olahraga kami bekerjasama dengan KONI Kota Malang, untuk keagamaan kami bekerjasama dengan Kemenag ataupun untuk Budaya kami bekerjasama dengan teman-teman Budaya,” terangnya.

Menurutnya jika para para Wali murid ketika mendaftarkan anaknya harus sesuai ketentuan prestasi yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang. “Untuk prestasi Olimpiade, mereka bebas menentukan pilihan sekolah SMP di manapun,” katanya.

Lebih lanjut menurut Suwarjana jika pagu untuk jalur prestasi yaitu 30 persen dari pagu masing-masing SMP dengan rincian 20 persen untuk prestasi dari nilai rapor dan 10 persen prestasi dari hasil lomba.

“Jika pagu pada prestasi hasil lomba tidak terpenuhi maka akan dipenuhi dari prestasi dari nilai rapor. Calon peserta didik baru jenjang SMP maksimal tiga pilihan sekolah,” pungkasnya.

Sementara ditempat yang sama menurut Komisi D DPRD Kota Malang, Ahmad Fuad Rahman, SE., MM berharap kepada masyarakat Kota Malang untuk menggunakan jalur prestasi dan jangan bergantung pada jalur zonasi.

“Kami menginginkan anak-anak berprestasi dapat menyampaikan kepada pemerintah, sehingga kami tahu dengan prestasinya. Diharapkan pelaksanaan PPDB jalur prestasi bisa di maksimalkan dan memenuhi kuota. Jalur prestasi ini untuk mengakomodir, bahwa bukan hanya jalur zonasi yang kita perhatikan tapi juga jalur prestasi. Sehingga kuota-kuota yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan terpenuhi dengan baik,” kata Fuad. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolri Instruksikan Jajaran Gerak Cepat Bantu Warga Korban Gempa Pasaman Sumbar 

Daerah

Mutasi Jabatan,Bupati Ikfina Pastikan Nihil Suap maupun Gratifikasi

Daerah

Daftar SD Negeri di Kabupaten Pasuruan yang Lolos Sekolah Penggerak

Daerah

Tangkal Penyebaran Covid–19 Koramil Bangsal Lakukan Ini

Daerah

Kota Mojokerto Masuk Dalam Nominasi LBS Tingkat Provinsi Jatim

Daerah

Peringati HUT Polwan Ke 74, Polwan Polres Mojokerto Jalani Tes Urin

Daerah

Kapolri: Ada 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Daerah

Pencapaian Herd Emunity, Babinsa Sumbersuko Bersinergi Dengan Nakes