Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 3 Juni 2024 - 16:14 WIB

Kenalkan TOGA dan Pengobatan Tradisonal, Kelurahan Wates Punya Edu Wisata SI HEBAT

Pengunjung dari Dharma Wanita membeli berbagai hasil olahan TOGA di Edu Wisata SI HEBAT

Mojokerto ,Sekilasmedia.com– Masyarakat Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto kompak mengembangkan inovasi wisata edukasi SI HEBAT (Sinau Herbal Bareng Asman dan Yankestrad). Inovasi ini berlokasi di Taman Wisata Edukasi Herbal Yankestrad Asuhan Mandiri Pancawati, Jalan Murbei, Perumahan Magersari Indah.

Sesuai penamaannya, inovasi tersebut dipelopori oleh Kelompok Asman (Asuhan Mandiri) terdiri dari warga yang mempunyai minat dalam pengobatan herbal. Serta Paguyuban Yankestrad (Pelayanan Kesehatan Tradisional) “Sugih Waras” yang merupkan para praktisi pengobatan tradisonal di lingkungan Kelurahan Wates.

“Pengunjung dapat belajar mengenal beragam jenis tanaman herbal, pemanfaatan tanaman obat keluarga dan praktek menanam tanaman obat keluarga serta meracik minuman herbal/jamu merupakan sarana belajar yang aplikatif dan menyenangkan,” terang Penanggungjawab Yankestrad, Irra Repelita.

Di taman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) tersebut terdapat setidaknya 75 (tujuh puluh lima) jenis tanaman Toga. Selain mendapat pengetahuan pemanfaatan, pengelolahan, dan cara budidaya, pengunjung juga bisa membeli bibit tanaman herbal sebagai buah tangan untuk dibawa pulang.

Edu-wisata tersebut dapat diakses oleh berbagai usia. Mulai dari para siswa pra sekolah, TK, sampai tingkat mahasiswa, rombongan PKK, Dharma Wanita, ataupun komunitas masyarakat lainnya.

Selain memperkenalkan pemanfaatan ramuan herbal/jamu untuk kesehatan, inovasi ini juga mengedukasi pengunjung mengenai akupresure yang bisa dilakukan dengan mudah secara mandiri.

“Kami ingin memandirikan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan gangguan ringan dengan pemanfaatan Taman Obat Keluarga dan ketrampilan akupresure,” tamabh sosok yang akrab disapa Irra ini.

Wujud keseriusan dan kesungguhan melaksanakan inovasi ini dibuktikan dengan ditetapkannya SI HEBAT melalui surat Keputusan Lurah Wates nomor: 400.1.5.3/67/417.701.6/2023 tanggal 8 November 2023 tentang Penetapan Inovasi Kegiatan Sinau Herbal Bareng Yankestrad (SI HEBAT) Kelurahan Wates Kecamatan Magersari Kota Mojokerto.

Share :

Baca Juga

Daerah

Polisi Sidoarjo dengan Pengendara Ojol Siapkan Hotline Laporan Kamtibmas

Daerah

Peringati HUT Partai Gerindra Ke 15, DPC Gerindra Kabupaten Blitar Gelar Mancing Gratis di Papungan

Daerah

Polda Jatim Bongkar Penjualan Tabung Oksigen Palsu di Surabaya

Daerah

Unik, Sertijab Ketua IGTKI dan Pengawas TK Kecamatan Kraksaan Bernuansa Seni

Daerah

Berdiri Di Atas Saluran Air, Rencana Bangunan Kantor BUMDes Guranganyar Nabrak Aturan Perundangan

Daerah

Kapolres Lamongan Hadiri Pembukaan Musrenbang Kabupaten Lamongan Tahun 2024

Daerah

Adakan Latihan Bersama, PSHT Cabang Gresik Gandeng Kodim 0817 Gresik Terkait Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Daerah

Maraknya Penyebaran Virus DBD, Forkopimda Mojokerto Gelar Fogging Serentak