Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Senin, 3 Juni 2024 - 11:48 WIB

Kerinduan Arisan Teater Jogja di Bojonegoro

Bojonegoro,Sekilasmedia.com-Seni peran dalam teater adalah sebuah pilihan. Bakal memainkan karakter sebagai birokrat, seniman, pedagang, maling atawa agamawan. Terserah.

Masing-masing peran tersebut, dalam seni teater, musti dilakonkan secara maksimal. Sehingga, mampu untuk diberikan value. Yang masing-masing memerlukan enerjinya tersendiri.

“Kuncinya, adalah bersedia untuk disiplin. Baik dalam berlatih, dalam adaptasi lakon, hingga memainkan karakter tokohnya,” ujar Untung Basuki (75), seorang tokoh teater Yogya. Saat acara diskusi dalam silaturahmi seniman teater, Sabtu (1/6/2024).

Acara langka di Kota Bojonegoro ini bertajuk “Silaturahmi Seniman Teater Jogjakarta – Jonegoro”. Digelar atas kerja sama Rumah Merdeka Bojonegoro dengan Teater Kancil Yogya.

Tempatnya, di ruang terbuka Kafe Actor. Beralamat di Gang Modin 1, tanggul Desa Kauman. Yang dikelola sepenuhnya oleh Takim Magito-gito.

Selain Untung Basuki, dedengkot Sanggar Bambu. Ada juga Meritz Hindra (Teater Alam), Yayak Yatmaka (aktivis seni), Dibyo, Japhen, Probo (Teater Kancil). Serta, Edi Haryono (Bengkel Teater).

Seluruh program acara ini, diinisiasi Prof Dr Ir Agus Ds, dari teater Kancil. Yang membuka acara malam itu.

“Ini bagian kecil dari kerinduan, adanya “Arisan Teater” di Yogyakarta, era tahun 70’an silam. Tempatnya, yang seperti malam ini, di Bojonegoro,” jelas Mas Agus, panggilan akrabnya.

Selama dua jam penuh, acara malam itu, penuh hangat serta keakraban. Dalam sesi diskusi, muncullah beragam pertanyaan. Mulai dari meruyaknya teknologi, hingga kekhawatiran terhadap seni teater yang bakal tergusur.

“Seni teater tidak bakal redup. Dalam setiap jamannya, senantiasa muncul jenis-jenis teater yang merupakan aktualisasinya. Ada teater buruh, teater rakyat, teater konstektual, teater bisu, dan seterusnya,” tegas Meritz Hindra.

Yayak Yatmaka pun menegaskan hal yang sama. Bahwa, seni teater justru kian viral dengan teknologi. “Mari, manfaatkan teknologi untuk lebih menyuarakan pesan-pesan dari sebuah pertunjukan teater,” katanya. Ia malam itu melantang menyanyikan lagu tentang Indonesia. (***)

.

Share :

Baca Juga

Dirgahayu RI ke 74 Pemerintah Kabupaten Probolinggo Adakan Jalan Sehat

Daerah

Dirgahayu RI ke 74 Pemerintah Kabupaten Probolinggo Adakan Jalan Sehat

Daerah

Komisi IV DPRD Kabupaten Mojokerto lakukan Rakor Soal Zonasi Pendidikan di Magelang

Daerah

Danrem 082/CPYJ Pimpin upacara serah terima jabatan Dandim 0815/Mojokerto dan Tradisi penerimaan warga Korem 082/CPYJ Tahun 2022

Daerah

Blitar Selatan Digelontor Ratusan Miliar untuk Perbaiki Infrastuktur

Daerah

Forkopimda Kabupaten Mojokerto Ikuti Upacara HUT Bhayangkara ke-76 Secara Virtual

Daerah

BUPATI AUDENSI DENGAN WALHI DIRUANG MAHAMERU KANTOR BUPATI LUMAJANG

Daerah

Diperta Sosialisasikan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Wabah PMK

Daerah

Hari Ke Lima PPKM Darurat, Dandim 0827/Sumenep Bersama Kapolres Sumenep Tinjau Ops Yustisi Protokol Kesehatan dan Swab