Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 6 Juni 2024 - 16:00 WIB

Komisi IX DPR RI Bersama BPJS Kesehatan Kota Batu Gelar Sosialisasi Program JKN-KIS

Batu, sekilasmedia.com- Dalam rangka peningkatan pemahaman kepada masyarakat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Komisi IX DPR RI melaksanakan sosialisasi Program JKN-KIS bekerjasama dengan menggandeng BPJS Kesehatan Kota Batu, yang berlangsung di Destinasi Wisata Lumbung Strawberry, Desa Pandanrejo Bumiaji, Kota Batu. Rabu (6/6).

Anggota Komisi IX DPR RI, Kris Dayanti sampaikan bahwa Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat Malang Raya khususnya bagi warga masyarakat Kota Batu yang sedang sakit. Karena BPJS Kesehatan merupakan salah satu program Pemerintah untuk membantu masyarakat dalam hak jaminan kesehatan.

“BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan merupakan bagian dari sistem jaminan sosial yang bertujuan memberikan perlindungan kesehatan pada masyarakat. Jadi ini adalah usaha bersama kita semua untuk menjadikan masyarakat kota Batu sehat semuanya,” kata KD sapaan akrab Kris Dayanti.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Kota Batu, Erra Widyawati dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa BPJS Kesehatan terus meningkatkan mutu layanan melalui optimalisasi inovasi dan sistem digitalisasi layanan dengan Mudah, Cepat dan Setara.

Seperti ada aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini sangat mempermudah masyarakat baik yang sudah menjadi peserta JKN-KIS maupun yang belum terdaftar. Dalam aplikasi Mobile JKN terdapat berbagai macam kemudahan.

Yaitu kemudahan membayar dan mengubah data peserta, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

“Pengguna Mobile JKN juga dapat mengecek lokasi jaringan fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan serta lokasi kantor BPJS Kesehatan yang berbasis GPS.” terangnya.

Masyarakat yang akan mendaftarkan diri dan anggota keluarganya juga tidak perlu repot lagi untuk ke kantor BPJS Kesehatan, cukup men-download aplikasi ini sudah bisa melakukan pendaftaran Program JKN-KIS.

“Jaminan Kesehatan Nasional JKN bertujuan untuk melindungi seluruh penduduk Indonesia dalam sistem jaminan, sehingga pemerintah dapat memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak dan baik,” tuasnya. (BAS)

Share :

Baca Juga

Daerah

Gerebek Lokasi Tambang, Tiga Orang Diamankan Polisi

Daerah

Begini Pesan Wali Kota Habib Hadi saat Hadiri Pelantikan IDI

Daerah

Capai 3 Zeroes untuk Cegah dan Kendalikan Kasus HIV

Daerah

Pertama RSUP Prof Ngoerah Lakukan Operasi Bedah Jantung Anak Terbuka 

Daerah

Bupati Mojokerto Hadiri Acara Deklarasi Desa Siap Siaga

Daerah

RSUD dr Wahidin Sudirohusodo Husodo, Siap Berikan Layanan Kesehatan Bagi Petugas KPPS Pemilu 2024

Daerah

Yuk Melihat Keseruan Pemdes Jabung Gelar Selamatan Desa

Daerah

TOLAK POLOTIK UANG DEMI PEMILU YANG BERINTEGRITAS DAN BERMARTABAT