Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Kamis, 6 Juni 2024 - 08:22 WIB

Polisi Amankan 2 Tersangka Bandit Lintas Kota di Surabaya, Salah Satunya Residivis

Kompol M Akhyar beserta barang bukti di Mapolsek Lakarsantri Surabaya

Surabaya,Sekilasmedia.com-Polisi berhasil menangkap dua bandit pencuri motor yang beraksi di lima lokasi lintas kota. Kedua tersangka, MR (20) asal Depok, Jawa Barat, dan MH (23) asal Omben, Sampang yang tinggal di Jalan Demak, Surabaya, kerap menyasar motor yang diparkir di minimarket.

Penangkapan dilakukan oleh Anggota Tim Anti Bandit Polsek Lakarsantri Polrestabes Surabaya setelah kedua tersangka mencuri motor Honda Beat milik M ER (26) yang diparkir di minimarket Jalan Jeruk Lakarsantri, Surabaya, pada Senin malam (27/05/2024).

Kapolsek Lakarsantri, Kompol M Akhyar, menjelaskan bahwa kasus pencurian motor ini terungkap berkat laporan korban pada Senin malam (27/5). Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Lakarsantri langsung melakukan penyelidikan dan menemukan petunjuk mengenai ciri-ciri pelaku.

“Dalam aksinya, pelaku menggunakan motor Yamaha Nmax tanpa nopol,” ujar Kompol Akhyar di Surabaya, Rabu (05/06/2024).

Setelah penyelidikan selama dua hari, pelaku ditemukan berkeliaran di kawasan Lakarsantri menggunakan motor yang biasa dipakai dalam aksinya. Polisi kemudian membuntuti tersangka dan menghentikan mereka secara paksa di sekitar waduk Unesa.

“Setelah digeledah, ditemukan kunci leter T yang digunakan untuk mencuri motor. Motor yang dipakai juga sama dengan yang digunakan saat mencuri di minimarket Jalan Jeruk,” jelas Kompol Akhyar.

Kedua tersangka dan barang bukti kemudian diamankan ke Mapolsek Lakarsantri. Dari hasil pemeriksaan, kedua tersangka telah beraksi mencuri motor di lima lokasi berbeda di tiga kota, yaitu di Jalan Jeruk, Sambikerep, PTC Wiyung, Sukodono, Sidoarjo, dan Driyorejo, Gresik. Sasaran mereka adalah motor matik yang diparkir di minimarket dan kost.

“Satu pelaku, M Han (DPO), masih dalam pengejaran petugas. Dia yang menjual motor curian ke Madura, biasanya seharga Rp 4 juta. Ketiganya sering berganti-ganti pasangan,” lanjut Kompol Akhyar.

Kompol Akhyar juga menyatakan bahwa tersangka MH adalah residivis kasus curanmor. Tersangka MH mengaku uang hasil penjualan motor curian digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Untuk MH, sekali beraksi dapat bagian Rp 1,25 juta. Uangnya dipakai untuk beli makan,” kata Kompol Akhyar.

Kapolsek Lakarsantri menegaskan akan meningkatkan patroli di wilayah hukumnya untuk meminimalisir aksi pencurian motor dan tindak kejahatan lainnya.

Polisi menjerat kedua tersangka dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.”pungkasnya .(Zies/Hum)

Share :

Baca Juga

Daerah

Festival Sholawat Khusus TNI-POLRI, Tim Hadrah Al-Wally Polres Pasuruan Sukses Meraih Juara 1 Kategori Marawis

Daerah

Forkopimda Dampingi Menko Marves dan Menkes Lakukan Pengecekan Penanganan Covid di Jatim

Daerah

Samsat Kraksaan Fasilitasi Kepentingan Warga Dengan Layanan Prima

Daerah

Bupati Ikfina Hadiri Raker Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto 2024

Daerah

Memastikan Keamanan Logistik KPU, Polres Gresik Perkuat Personil Polri

Daerah

Berangkatkan Kloter 46, Gus Muhdlor Do’akan Jamaah Haji Sidoarjo Jadi Haji Mabrur

Daerah

Sukseskan Pemilu Dandim 0815 Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2018

Daerah

Palu Kepemimpinan DPRD Kabupaten Mojokerto Di Gantikan Aini Zuroh