Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 8 Juni 2024 - 12:55 WIB

Perumda Giri Tirta Bakal Lakukan Penyesuaian Tarif Air Untuk Pelanggan Niaga Dan Industri Kecil

Gresik, Sekilasmedia.com – Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Giri Tirta Kabupaten Gresik bakal melakukan penyesuaian tarif air kepada pelanggannya. Hal ini sebagai tindak lanjut Peraturan Bupati Gresik No. 31 tahun 2024 tentang perubahan atas Peraturan Bupati No. 1 Tahun 2018 tentang tarif air Perumda Giri Tirta Kabupaten Gresik, tertanggal 31 April 2024.

Dimana tarif air yang berlaku mulai pemakaian air bulan Mei 2024 yang ditagihkan pada Juni 2024.

Langkah ini di ambil dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dan menjaga keberlanjutan perusahaan akibat semakin tingginya biaya operasional serta kebutuhan investasi infrastruktur air bersih.

Menurut Direktur Umum Perumda Giri Tirta Ahmad Rusdilfahmi, bahwa keputusan ini tidak di ambil dengan mudah dan telah melalui berbagai pertimbangan serta kajian mendalam.

“Kami memahami bahwa kenaikan tarif ini berdampak pada pelanggan kami, namun langkah ini sangat diperlukan untuk memastikan bahwa layanan yang kami berikan akan tetap menjaga kualitas dan berkelanjutan untuk ketersediaaan air bersih bagi seluruh masyarakat Gresik,” katanya pada Rabu (5/6/2024), di Kantor Perumda Giri Tirta.

Perlu diketahui, penyesuaian tarif kali ini hanya berlaku untuk kategori pelanggan Niaga dan Industri Kecil, sedangkan pelanggan lain termasuk pelanggan kategori rumah tangga tidak mengalami perubahan

Adapun tarif baru yang bakal diberlakukan adalah sebagai berikut : untuk kelompok niaga kecil dari Rp 5000,-/meter kubik menjadi Rp. 6.500,-/ pemakaian 10 meter kubik pertama. Kelompok niaga besar dari Rp 7.500,-/meter kubik menjadi Rp. 8.500,-/ pemakaian 10 meter kubik pertama. Kelompok industri kecil dari Rp 5000,-/meter kubik menjadi Rp. 6.500,-/ pemakaian 10 meter kubik pertama.

Lebih jauh Ahmad Rusdilfahmi atau yang karib disapa Fahmi mengungkapkan bila kenaikan tarif air ini dilakukan dengan beberapa alasan utama, di antaranya, peningkatan biaya operasional, investasi infrastruktur dan pengembangan sumberdaya air.

Meski demikian, Perumda Giri Tirta tetap berkomitmen memberikan perhatian khusus bagi pelanggan dari golongan tidak mampu.

” Kami akan menyediakan skema subsidi khusus dan bantuan bagi pelanggan yang kurang mampu, untuk memastikan mereka tetap mendapatkan akses terhadap air bersih tanpa beban yang berlebihan,” ungkapnya.

Untuk itu, Perumda Giri Tirta mengharapkan pengertian dan dukungan dari seluruh pelanggan dalam menjalankan penyesuaian tarif tersebut.

” Kami percaya bahwa dengan kerjasam dan pengertian bersama, kita dapat terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan air bersih yang berkualitas dan berkelanjutan, ” pungkas Fahmi. (rud)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolresta Sidoarjo, Tokoh Paling Responsif Terhadap Masyarakat

Daerah

Polres Lamongan Menangkap DPO Pembobol Pabrik dengan Kerugian 1,5 Miliar

Daerah

DPRD Kota Mojokerto mengapresiasi Atas Perolehan Prestasi WTP Kota Mojokerto

Daerah

Posko Lebaran Mulai Beroperasi. Bandara Juanda Predeksi Kenaikan Jumlah Penumpang

Daerah

Ops Yustisi, Polsek Magersari berikan Sanksi 5 Pelanggar

Daerah

Polda Jatim dan Kapolresta Sidoarjo Bakti Sosial di Prambon

Daerah

Peringatan 1 Muharram Perlu Menyerap Makna Hijrah dalam Hidup, Ini Kata Wabup

Daerah

Refleksi Hari Lahir Pancasila, Kapolri: Bersatu dan Gotong Royong Melawan Covid-19