Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Sabtu, 8 Juni 2024 - 08:08 WIB

Tangkal Berita Bohong, Pj Wali Kota Mojokerto Launching Kliniks Hoaks

Pj Walikota Mojokerto Moh Ali Kuncoro didampingi Kadiskominfo Jatim Sherlita dan ketua Dewan Pers Ninik saat luoncing klinik hoax.

Mojokerto,Sekilasmedia.com-Untuk meminimalisir berita bohong (hoaks) maupun disinformasi yang beredar di masyarakat, Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro bersama Kepala Diskominfo Jawa Timur Sherlita Ratna Dewi Agustin serta Komite Komunikasi Digital (KKD) Kota Mojokerto meresmikan klinik hoaks Kota Mojokerto di Rumah Rakyat, Jl. Hayam Wuruk 50 Kota Mojokerto pada Jumat (7/6).

Mas Pj sapaan Ali Kuncoro menyampaikan dengan adanya klinik hoaks ini dapat menjaga Kota Mojokerto ini tetap kondusif. Membantu masyarakat menyaring informasi yang diterima khusus di tahun politik saat ini.

“Pemilu merupakan instrumen yang dilegalkan untuk membelah persepsi masyarakat. Oleh karena itu selain klinik hoaks saya harapkan teman-teman pers ke depan ketika memberikan sebuah pemberitaan tolong suasana yang sudah dibangun dengan teduh damai bisa tetap terjaga,” kata Mas Pj.

Mas Pj menambahkan bahwa kesuksesan Pilpres Februari lalu juga ada peran pers.

“Pilpres lalu amat sangat kondusif dan berkualitas, partisipasi masyarakat sudah menjadi hampir 90% dan ini adalah kerja kolaboratif semua pihak termasuk pihak pers,” tutur Mas Pj.

Kepala Diskominfo Kota Mojokerto Santi Ratnaning Tias menyampaikan bahwa klinik hoaks ini merupakan replikasi dari klinik hoaks milik Diskominfo Provinsi Jawa Timur.

“Melalui klinik hoaks inilah masyarakat dapat mengecek kebenaran dari suatu informasi serta melakukan permohonan klarifikasi informasi,” kata Santi.

Selain meluncurkan klinik hoaks, pada malam ini juga digelar Ngopi Bareng Mas Pj bersama rekan-rekan media Kota Mojokerto dengan menghadirkan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Pers Dewan Pers Atmaji Sapto Anggoro serta Ketua PWI Pusat Hendri Ch. Bangun sebagai narasumber. *)

Share :

Baca Juga

Daerah

Semaan Al-Quran Bersama Jamaah Jam’iyyah Hamlatil Qur’an, Pjs Bupati Mojokerto Sebut Bisa Perkuat Imun Tubuh

Daerah

Ikuti RUPS-LB, Bupati Asahan Ucapkan Selamat Kepada Dirut Bank Sumut

Daerah

18 Maret, Desa di Bali Serentak Vaksinasi Rabies

Daerah

*Satgas TMMD 102 Gelar Penyuluhan Wasbang Bagi Warga Desa Jembul*

Daerah

SEKDA DAN PIMPINAN OPD SILATURRAHIM KE RUMAH PRIBADI WABUP.

Daerah

Cese Siswi SDN Lesanpuro 03 Kota Malang Kembali Sabet Juara 1 Kejuaraan Pencak Silat

Daerah

76 Heppiii Community Bagi 310 Paket Sembako Pada Warga Terdampak Covid-19 Di- Ngembeh

Daerah

Sambut HUT Kemerdekaan, DPRD Kabupaten Blitar Adakan Berbagai Lomba