Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Selasa, 11 Juni 2024 - 12:35 WIB

Pj Walikota Nurkholis Hadiri Peluncuran Tahapan Pilwali Kota Probolinggo

Probolinggo, Sekilasmedia.com – Dalam peluncuran tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2024, KPU Kota Probolinggo juga mengenalkan maskot “Si Kaka” yang memiliki filosofi dari Karapan Kambing.

Diketahui, Karapan Kambing menjadi salah satu tradisi di masyarakat pendalungan yang bertahan hingga saat ini. Terbukti dengan adanya event tersebut dalam setiap perayaan, baik saat gelaran Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) maupun di Hari Jadi Kota Probolinggo.

Sehingga menjadikan Karapan Kambing sebagai maskot pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo, mewakili unsur semangat dengan tujuan seluruh masyarakat pemilih di Kota Probolinggo terlibat langsung mengawal proses transisi demokrasi di tingkat lokal. Maka, terciptalah “Si Kaka” yang merupakan akronim dari Karapan Kambing atau dalam konteks Pilkada “Si Kaka” juga merupakan akronim Siap Kawal Demokrasi.

KPU Kota Probolinggo juga mengenalkan logo KPU, surat suara dan alat coblos. Si Kaka sebagai interpretasi dari penyelenggara Pemilu yaitu KPU, yang punya kewajiban menyelenggarakan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo. Hal ini ditunjukkan dengan disematkannya logo KPU di rompi serta surat suara dan alat coblos yang dipegang oleh “Si Kaka”.

Kemudian juga rompi dan udeng batik mangga dan anggur Probolinggo yang digunakan Si Kaka, yang menguatkan identitas Si Kaka yang berasal dari Kota Probolinggo. Implementasi mangga dan anggur yang divisualisasikan melalui batik, agar masyarakat lebih bangga dan tidak lupa akan batik manggurnya.

Selain itu unsur pewarnaan juga menjadi penguatan pada Si Kaka yang memadukan warna merah, putih dan hitam. Interpretasinya, warna merah berarti keberanian, warna putih adalah kesucian dan warna hitam adalah keabadian. Garis besarnya warna merah, putih dan hitam melambangkan abadinya nasionalisme sebagai perwujudan dari kecintaan pada tanah air. Tidak hanya itu, KPU juga mengenalkan jingle Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2024 dengan judul “Memilih Untuk Kota Probolinggo”.

Pengenalan maskot dan jingle ini merupakan hasil dari lomba cipta maskot dan jingle Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2024 yang diselenggarakan oleh KPU Kota Probolinggo. Adapun pemenang lomba cipta maskot Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2024 yaitu Juara I diraih oleh Adnan Mardiyansyah Putra dengan judul karya “Si Kaka” yang mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam dan uang senilai Rp 5 juta. Juara II diraih oleh Lestariono Sabta Wega dengan judul karya “Si Pleci”, yang mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam dan uang senilai Rp 3 juta dan juara III diraih oleh Adine Putri Widati dengan judul karya “Bloso”, yang mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam dan uang senilai Rp 2 juta.

Sedangkan pemenang lomba cipta jingle Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2024 yaitu juara I diraih oleh Robin Hendra Jaya dengan judul karya “Memilih Untuk Kota Probolinggo”, yang mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam dan uang senilai Rp. 7,5 juta. Juara II diraih oleh Yaumul Sya’ban Wahyu Perdana dengan judul karya “Mari Kita Memilih”, yang mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam dan uang senilai Rp 5 juta, dan juara III diraih oleh Mohammad Alfi Hidayah dengan judul karya “Ayo Nang TPS”, yang mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam dan uang senilai Rp 2,5 juta.

Dalam kegiatan peluncuran tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, drg. Ninik Ira Wibawati, jajaran forkopimda Kota Probolinggo, pejabat dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Probolinggo, Komisioner KPU Kota Probolinggo, Perwakilan KPU Provinsi Jatim, para ketua partai politik dan tokoh masyarakat lainnya. (suyit)

Share :

Baca Juga

Daerah

Dandim 0815 Dan Kapolres Mojokerto Silaturahmi Dan Buka Puasa Bersama MUI

Daerah

Napi Polresta Mojokerto Dapat Jatah Vaksin Covid-19

Daerah

Istri Walikota Habib Hadi Berikan Sembako Ke Korban Banjir Dringu

Daerah

Uji Ketahanan Fisik, Polres Batu Adakan TKJ

Daerah

Dandim Sragen rangkul youtuber dan admin group Facebook sosialisasikan covid-19

Daerah

Berdiri Di Atas Saluran Air, Rencana Bangunan Kantor BUMDes Guranganyar Nabrak Aturan Perundangan

Daerah

Sosialisasi Dan Uji Coba Progress Peningkatan Prestasi Para Atlet Dancesport

Daerah

Dandim 0812/Lamongan Pimpin Rakor Perencanaan TMMD Ke-114 Tahun 2022