Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:17 WIB

Markas Sindikat Penipuan Online Jual HP Murah Digerebek Polda Bali

Ditreskrimsus Polda Bali mengungkap sindikat penipuan online jual HP murah, lima ditangkap tiga buron

Denpasar,Sekilasmedia.com -Tim Subdit V Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bali, menggerebek markas sindikat penipuan online jual handphone (HP) murah di Sulawesi Selatan. Ada lima pelaku diringkus, diantaranya Andhika Kurnia (39) Muh Sabir (33) Jusman (29) Muzakkir (24) dan satu masih di bawah umur berinisial MIA (16).

Informasinya, komplotan ini tak hanya beraksi di Bali saja, tapi juga di Surabaya, Jawa Timur. Hanya saja baru 5 pelaku yang ditangkap sedangkan 3 lainnya masih buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) berinisial R, P dan A.

Wadireskrimsus Polda Bali, AKBP Ranelfi Dian Chandra, bersama Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Jansen Avetud Panjaitan, Selasa (11/6) mengatakan, bermula dari laporan korban Ida Bagus Gede Adi Wirawan (31). Korban melihat postingan video reels dari akun Instagram @taraphone store pada 19 April 20024. Dimana akun itu mempromosikan penjualan handphone merk Iphone 12 Pro Mex dengan harga murah.

Korban yang tertarik kemudian melakukan transaksi dan membayar dengan cara transfer ke rekening yang diberikan oleh akun @taraphone store atas nama PT Berkah Bersama Tarashop sebesar Rp1,1 juta. Setelah lama nunggu barang yang dia pesan tak kunjung datang.

“Korban asal Marga, Tabanan ini memutuskan untuk datang ke Toko Taraphone secara langsung di Dalung. Barulah terungkap bahwa dirinya kena tipu, lalu melapor ke Polda Bali,” ujar Ranelfi.

Menerima laporan tim Ditreskrimsus Polda Bali langsung melakukan penyelidikan dan profiling terhadap rekening serta akun Instagram terduga penipu itu. Hasilnya, Andhika diringkus di Uma Residence, Pemogan, Denpasar Selatan pada Jumat, 31 Mei 2024.

Pria asal Pesanggrahan, Jakarta Selatan itu mengakui perbuatannya karena diminta oleh seseorang inisial R (DPO) untuk membuatkan rekening termasuk rekening ke beberapa orang lainnya. Dari rekening-rekening buatan Andhika tersebut lalu digunakan untuk menerima transaksi dari korban yang ditipu.

“Untuk brang bukti yang disita dari Andhika, ada 23 buku tabungan berbagai bank, 14 kartu NPWP berbagai nama, 10 KTP berbagai nama, 2 kartu SIM, 39 kartu ATM berbagai bank, 2 buah token BNI, 2 sticker KTP dan 2 HP Samsung,” ungkapnya.

Dalam kasus ini polisi kemudian melakukan pendalaman, hingga munculah nama A dan P. Karena R mengenalkan Andhika kepada P agar rekening yang dibuat diserahkan kepada P yang disebut sebagai bos dari sindikat ini. Dari hasil pelacakan bos ini diduga berada di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan.

“Dari informasi bahwa anak buah dari P yaitu Muh Sabir, A Jusman, Muzakkir dan MIA, berada di Kecamatan Pancariang, Sidrap. Lalu pada 6 Juni 2024, keempat pelaku ditangkap. Dimana keempatnya direkrut oleh A (DPO) selaku bawahan P juga,” ucap Wadireskrimsus.

Peran keempat anak buah P, sebagai operator media sosial yang menawarkan promo HP harga murah. Khusus Muh Sabir membantu P merekrut anggota baru untuk melakukan penipuan online. Sedangkan hasil penggeledahan polisi di markas penipu didapatkan barang bukti 13 HP berbagai merk. HP itu untuk menipu online yang disimpan di sebuah rumah kayu Perkebunan Desa Sererang, Sidrap.

“Sampai saat ini ada 14 orang yang melapor menjadi korban penipuan modus serupa ke Polda Bali. Diduga jumlah korban masih lebih banyak,” tandasnya.

Para tersangka dijerat dengan pasal berlapis, seperti Pasal 28 ayat 1 Jo. Pasal 45A ayat 1 Undang-undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Trsansaksi Elektronik dengan ancaman hukuman pidana 6 tahun penjara dan/atau denda Rp1 miliar. SN

Share :

Baca Juga

Daerah

Walikota Blitar Apresiasi Sarasehan Hukum LPSK untuk Masyarakat Awam

Daerah

Presiden Jokowi Resm Buka GPDRR ke 7, di Nusa Dua Bali

Daerah

RSUD Sidoarjo Barat Dilengkapi Klinik Spesialis Bedah Orthopedi Percepat Penanganan Korban Kecelakaan

Daerah

Danrem 082/ CPYJ Dampingi Pangdam V/Brw Beri Pengarahan Kepada Peserta Katpuanter Abit Secaba Otsus Papua

Daerah

*Dandim 0815 Ikuti Vidcon Di Mapolres Mojokerto Kota*

Daerah

Polres Blitar Kota Peduli Supeltas Penjaga Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu

Daerah

Kodim 0815 Mojokerto Buat Model Tanaman Padi Menggunakan Organik BIOS 44

Daerah

WABUP : ASN diharapkan meningkatkan kinerja sesui dengan yang diharapkan.