Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Rabu, 12 Juni 2024 - 06:52 WIB

Topang Irigasi Lahan Pertanian,Polres Mojokerto Bangun 2 Sumur Bor

Mojokerto,Sekilasmedia.com- Polres Mojokerto membangun 2 sumur bor di Kecamatan Puri dan Mojoanyar untuk menopang irigasi lahan pertanian. Masing-masing sumur bor mampu mengairi 15 hektare sawah.

Sumur bor yang dibangun Polres Mojokerto terletak di lahan pertanian Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar dan di Desa Balongmojo, Kecamatan Puri. Jika di Desa Balongmojo sudah tuntas, sumur bor di Jabon pada tahap pembangunan bak penampungan air.

Kapolres Mojokerto AKBP Ihram Kustarto memantau langsung pembangunan bak penampungan air di Desa Jabon. Sejumlah polwan juga hadir untuk membantu para pekerja memasang bata. Selanjutnya, polisi bersama para pekerja menggelar syukuran dengan makan bersama di lokasi proyek.

Ihram menjelaskan, proyek sumur bor ini dijalankan setelah pihaknya menerima informasi persoalan irigasi di Desa Jabon dan Balongmojo. Informasi tersebut ia terima dari media massa dan bhabinkamtibmas kedua desa tersebut. Terlebih lagi Bhabinkamtibmas Jabon seorang polwan.

“Keluhan para petani mereka harus menunghu giliran sekian hari untuk mengairi sawahnya. Oleh sebab itu, Polri hadir, terutama teman-teman polwan membantu para petani,” jelasnya kepada wartawan di lokasi, Selasa (11/6/2024).

Pengeboran air di 2 desa tersebut, lanjut Ihram, melibatkan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto dan ahli. Pengeboran dilakukan hingga kedalaman sekitar 50 meter. Hasilnya, saat ini kedua sumur bor mengeluarkan air bersih yang layak untuk mengairi persawahan di sekitarnya.

“Hasil screening teman-teman pertanian yang kami datangkan dan ahli yang menggali, sumur bor bisa mengairi 10-15 hektare sawah. Irigasinya akan dibagi supaya adil dan merata bagi para petani dan harus selalu gratis,” tegasnya.

Teknisnya, air dari sumur bor lebih dulu dipompa ke bak penampungan. Selanjutnya, air didistribusikan ke sawah para petani melalui saluran irigasi yang sudah ada. Saat ini, mayoritas lahan pertanian ditanami jagung dan padi.

“Jadi, mesin pompa sudah kami siapkan, baknya kami buat, saluran irigasi sudah ada, dari bak tinggal dialirkan ke sawah,” tandas Ihram.

Share :

Baca Juga

Daerah

Percepat Vaksinasi Booster, Kapolres Mojokerto Tinjau Vaksinasi Karyawan Pabrik

Daerah

Polresta Mojokerto Quick Respon Informasi Medsos Supeltas Ganggu Pengendara

Daerah

Peresmian Jalan Program PISEW  dan Tasyakuran Memperingati HUT PDI Perjuangan ke – 49 Dihadiri Wasekjen

Daerah

Pingin jadi Polisi, Kapolresta Mojokerto Rela Tongkat Komando dipegang Anak TK

Daerah

Danramil Trawas Ajak LSM Berkontribusi Positif Demi Kemajuan Bangsa

Daerah

Wartawan Forwas Berbagi Pengalaman dengan Mahasiswa Umsida

Daerah

Rapat Paripurna Ke X Masa Persidangan Ketiga Dalam Rangka Memperingati HUT Kab. Lahat Ke 155 Tahun   

Daerah

Bulan Bung Karno, Di Kota Mojokerto Berbagai Lomba dan Pagelaran Seni Bakal Digebyar