Terverifikasi faktual Dewan Pers .

Home / Daerah

Jumat, 14 Juni 2024 - 01:07 WIB

Bupati Ikfina Apresiasi ‘Lobster Kampung’ Dan Tegaskan Maksimalkan Potensi Perekonomian

Mojokerto ,Sekilasmedia.com– Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, kembali berdialog dengan para Pengurus Karang Taruna (Kartar) dengan tajuk Ngopi (Ngobrol Pemuda Inovatif) Bareng Bupati Mojokerto. Kali ini giliran pengurus Kartar Se-Kecamatan Kemlagi untuk menyampaikan aspirasinya di Kantor Kecamatan Kemlagi pada Rabu (12/6), Malam.

Melalui program Ngopi di Kecamatan Kemlagi ini pula, Ikfina menyampaikan apresiasinya atas usaha salah satu Kartar tingkat desa di Kecamatan Kemlagi dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dengan usaha budidaya Lobster air tawar.

“Berawal dari passion budidaya, Kartar Mojosarirejo bisa mengembangkan lobster air tawar, ‘Lobster Kampung’, ini merupakan kegiatan produktif yang luar biasa, padahal mereka itu otodidak dari Youtube,” Ungkap Ikfina.

Bupati Ikfina yang juga berposisi sebagai Pembina Umum Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Surya Majapahit Kabupaten Mojokerto berpesan, agar sebagai pelopor, Karang Taruna harus bisa berproses sebagai bagian dari usaha untuk menuju kesuksesan dan jangan malu untuk meminta pendampingan para ahli sebagai upaya untuk menambah ilmu.

“Intinya kita harus berproses, karena tidak mungkin usaha itu langsung besar dan tanpa kendala, dan sepertinya kita butuh pendampingan terkait pengembangan peluang bisnis, kita juga butuh ilmu, karena setiap perjuangan itu butuh ilmu,” Tandasnya.

Lebih lanjut, dihadapan Kartar Bhakti Nusantara Kecamatan Kemlagi, Ikfina juga membeberkan tentang bagaimana proses Pemkab Mojokerto dalam mensupport UKM, terutama yang termasuk pada kategori KPM-PKH. Pemerintah Kabupaten Mojokerto tidak serta-merta memberikan bantuan permodalan kepada para pengusaha UKM, namun perlu ditinjau lagi terkait pemasaran dan daya jual produk.

“Jadi kalau kita berikan permodalan, kita juga harus mapping terkait pasarnya, apalagi di bisnis makanan tingkat penjualan menjadi sorotan kita untuk beri tambah permodalan,”

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto itu juga menjelaskan tentang visinya kedepan untuk memaksimalkan tiap potensi ekonomi yang dimiliki Kabupaten Mojokerto, baik itu sarana dan prasarana perputaran ekonomi itu sendiri maupun pada sisi kepariwisataan.

“Kedepannya kita akan maksimalkan tiap pasar yang ada di Kabupaten Mojokerto, baik itu pasar Pemkab ataupun Pasar Desa, termasuk pariwisata juga akan dimapping betul, karena potensi pariwisata di Kabupaten Mojokerto sangat luar biasa, baik itu wisata alam, religi, sejarah maupun buatan seperti RTH (Ruang Terbuka Hijau),”

Tampak yang turut berpartisipasi pada giat serap aspirasi Ngopi Bareng Bupati Mojokerto adalah Kepala Dinas Sosial Try Rahardjo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yudha Akbar Prabowo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup M Zakky Asyari dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan M Iwan Abillah.

Share :

Baca Juga

Daerah

Kunjungi Lapas Lamongan, Irjen Kemenkumham Berikan Kesan Positif

Daerah

Taat Aturan, Pemkab Gresik Tegaskan Akan Patuhi Rekomendasi Kemendagri

Daerah

Bupati Mojokerto Tekan Angka Stunting Melalui Program Gelora Cinta dan Pusyangatra di Desa Jambuwok

Daerah

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Bangkitkan Optimisme

Daerah

Pasar Rakyat Mojo Kembangsore Park Dongkrak Ekonomi Desa

Daerah

Peringati Hari Pahlawan, Kapolres Gresik Ingatkan  Covid 19 Belum Berakhir

Daerah

Pemkab Mojokerto Didik Pramuwisata Sejarah hingga Pemandu Pendakian

Daerah

Polres Purbalingga Kirim Bantuan bagi Warga Terdampak Letusan Gunung Semeru